PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA MELAKUKAN PENGERJAAN HITUNG UTAMA PADA PECAHAN

T., Wakiman (2005) PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA MELAKUKAN PENGERJAAN HITUNG UTAMA PADA PECAHAN. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
PM-9 T-Wakiman FIP UNY.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Kelas A11 PGSD FIP UNY dalam melakukan pengerjaan hitung utama pada pecahan melalui tindakan yang disepakati bersama antara peneliti dan mahasiswa. Setting penelitian ini adalah para mahasiswa kelas A11 PGSD FIP UNY (angkatan 2000). yang terdiri dari 47 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari dua pertemuan dan tiap-tiap pertemuan selama 2,5 jam. Pada pertemuan pertama peneliti menyampaikan permasalahan, meminta usul-usul bagaimana cara memecahkan masalah itu, membuat kesepakatan dengan para mahasiswa usul mana yang diprioritaskan untuk dilaksanakan pertama, dan kemudian melaksanakan tindakan yang telah disepakati. Pertemuan pertama diakhiri dengan tes tentang penjumlahan pada pecahan. Pada pertemuan kedua peneliti menyampaikan hasil tes dari pertemuan sebelumnya dan melanjutkan tindakan dengan objek pengurangan, perkalian, dan pembagian pada pecahan. Pertemuan kedua juga diakhiri dengan tes. Data penelitian yang berupa skor kemampuan melakukan pengerjaan hitung utama pada pecahan dikumpulkan dengan alat tes. Sebagai skor pretes digunakan skor kemampuan yang dimaksud dari penelitian sebelumnya. Data hasil observasi dan data skor tes digunakan sebagai bahan refleksi untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Data penelitian yang berupa skor dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yaitu dicari skor minimum, skor maksimum, skor rerata dengan simpangan bakunya, dan persentase tingkat pencapaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui salah satu dari sembilan tindakan yang diusulkan oleh mahasiswa yaitu “dosen memberikan langkah-langkah pengerjaan soal yang paling mudah dipahami”, kemampuan mahasiswa melakukan pengerjaan hitung utama pada pecahan meningkat. Peningkatan terbesar terjadi pada pengurangan yaitu 22,80%, disusul oleh perkalian pada urutan kedua yaitu 12,31%, kemudian penjumlahan pada urutan ketiga yaitu 2,81%, dan peningkatan terkecil terjadi pada pembagian yaitu 2,57%. Hasil pengamatan menunjukkan para mahasiswa memperhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan dosen dan juga bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas-tugas yang merupakan konsekuensi dari kesepakatan bersama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peningkatan, kemampuan, pengerjaan hitung utama, dan pecahan
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:18
Last Modified: 20 Jan 2015 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11751

Actions (login required)

View Item View Item