INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SLB

Edi, Prajitno (2005) INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SLB. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
PM-6 Edi _SLB_ UNY.pdf

Download (30kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Program wajib belajar (wajar) 9 tahun merupakan upaya dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan jumlah yang memadai. Wajib belajar 9 tahun merupakan program yang harus segera direalisir untuk mengantisipasi pengembangan teknologi maupun industri dimana Indonesia telah memasuki era AFTA dan menyusul APEC. Seluruh anak bangsa perlu memperoleh pembelajaran yang memadai dari keragaman yang ada. Kreativitas, pengetahuan maupun wawasan para pendidik khususnya yang berada digaris terdepan perlu memiliki kemampuan yang kreatif dan inovatif dalam mengelola pembelajaran Melalui inovasi pembelajaran matematika di SLB, kualitas anak didik diharapkan semakin meningkat kualitasnya dan diharapkan dapat mengatisipasi perkembangan. Dalam mengelola pembelajaran guru hendaknya mempunyai kreativitas yang tinggi sehingga materi yang disampaikan dapat mudah dicerna oleh peserta didik dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat penguasaan penalaran, penguasaan konsep dan pengaplikasian matematika dalam pembelajaran matematika guru-guru di Sekolah Luar Biasa. . Hasil tes guru- guru matematika SLB peserta pelatihan matematika se Indonesia menunjuk kan penguasaan konsep matematika dan penalaran masih memprihatinkan Terpakainya matematika dalam kehidupan nyata (kontekstual) selalu dimunculkan untuk memudahkan peserta didik bisa merasakan betapa manfaatnya matematika dalam hidupnya. Untuk itu penguasaan penalaran, dan pengaplikasian matematika sangat diperlukan guru matematika apalagi di Sekolah Luar Biasa. Berdasar kan hal tersebut masih diperlukan pelatihan matematika secara berkesinambungan dan ditindaklanjuti dengan terapan/sosialisasi dilapangan maupun penelitian ber kesinambungan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: inovasi pembelajaran, kontekstual dan penalaran
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 20 Jan 2015 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11748

Actions (login required)

View Item View Item