EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PRNDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERS. LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS II SMPN 32 SURABAYA

Masriyah, - (2005) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PRNDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERS. LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS II SMPN 32 SURABAYA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
PM-2 Masriyah UNESA.pdf

Download (69kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa dalam pelajaran matematika merupakan salah satu keluhan dari para guru di negara kita. Untuk menanggapinya telah diujicobakan dengan menerapkan beberapa model pembelajaran, antara lain model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana ketuntasan belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual, (2) mengetahui aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual, (3) mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual, (4) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II A dan II C SMP Negeri 32 Surabaya, yang masing-masing terdiri atas 42 dan 43 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi dan angket. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang dilakukan, diperoleh: 1. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sesuai kurikulum 1994 dapat tercapai, dengan persentase ketercapaian sebesar 86,67%. 2. Aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual adalah efektif. 3. Aktivitas guru selama kegiatan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual adalah efektif. 4. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual dapat dikategorikan baik. 5. Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah positif. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual efektif jika diterapkan pada pembelajaran Matematika di kelas II SMPN 32 Surabaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif Tipe STAD dgn pendekatan kontekstual
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 20 Jan 2015 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11744

Actions (login required)

View Item View Item