PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI (PBK) PADA MATEMATIKA MATERI KESEBANGUNAN UNTUK SISWA SMP

Endah Budi, Rahaju (2005) PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI (PBK) PADA MATEMATIKA MATERI KESEBANGUNAN UNTUK SISWA SMP. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
PM-1 Endah UNESA.pdf

Download (75kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Dalam KBK telah dimasukkan tujuan-tujuan proses dalam pembelajaran, oleh karena itu diperlukan tes tertulis yang dapat digunakan untuk mengukur tujuan tersebut. Sistem penilaian yang digunakan adalah PBK (Penilaian Berbasis Kelas) dilaksanakan secara terpadu dengan kegiatan belajar mengajar dan dilakukan dalam bentuk-bentuk pengumpulan kerja siswa (portofolio), hasil karya (produk), penugasan (proyek), kinerja (unjuk kerja), dan tes tertulis (kertas dan pensil). Berdasarkan tujuan pembelajaran matematika yang tercantum dalam kurikulum berbasis kompetensi, maka soal yang digunakan dalam penilaian diharapkan juga menggunakan pemecahan masalah, menekankan komunikasi dan ketrampilan- ketrampilan berpikir kritis dan mencari hubungan antara konsep matematika dan kehidupan nyata merupakan tujuan pembelajaran yang tidak dapat diukur dengan tes tradisional (kertas – pensil). Dengan melihat tuntutan penilaian di atas, maka para guru harus menguasai penilaian-penilaian lain (selain tes tradisional) yang dapat digunakan. Penilaian-penilaian yang sesuai dengan penilaian berbasis kelas, antara lain: portofolio, proyek dan investigasi, dan unjuk kerja. Beberapa macam penilaian di atas merupakan mitra dari penilaian tradisional. Kesebangunan dan kongruensi merupakan salah satu materi di SMP. Pada materi ini, penilaian yang dilakukan guru hanya untuk melihat penguasaan konsep saja. Untuk itu perlu dilakukan pengembangan model penilaian berbasis kelas pada materi Kesebangunan yang menggunakan pemecahan masalah, menekankan komunikasi dan ketrampilan-ketrampilan berpikir kritis serta mencari hubungan antara konsep matematika dan kehidupan nyata.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, model penilaian berbasis kelas
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 20 Jan 2015 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11743

Actions (login required)

View Item View Item