PERANAN GURU SEBAGAI AKTOR UTAMA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK)

Effendi, Nawawi (2005) PERANAN GURU SEBAGAI AKTOR UTAMA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK). Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
19_Peranan Guru Sebagai Aktor Utama Dalam Mengimplementasikan ... (Effendi Nawawi).pdf

Download (44kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Tahun Pelajaran 2005-2006, pemerintah Indonesia melalui Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), akan memberlakukan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Perbedaan yang mendasar dengan kurikulum nasional 1994 adalah dari segi pendekatan, dimana dalam KBK menggunakan pendekatan kompetensi dalam proses pembelajaran, hal ini berarti dalam KBK lebih menekankan pada proses dari pada content. Untuk mencapai tujuan kurikulum pada KBK sangatlah bergantung pada guru yang akan mengimplementasikan kurikulum tersebut, sebab guru merupakan actor utama yang akan membawah atau membuat perubahan yang terjadi di dalam kelas. Maka dalam artikel ini akan membahas bagaimana peranan guru dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi (KBK), dan juga tentang cara-cara meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi di sekolah, sehingga tujuan kurikulum itu dapat dicapai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Berbasis Kompetensi, peranan guru
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:18
Last Modified: 06 Mar 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11722

Actions (login required)

View Item View Item