Effendi, Nawawi (2005) PERANAN GURU SEBAGAI AKTOR UTAMA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK). Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3
|
Text
19_Peranan Guru Sebagai Aktor Utama Dalam Mengimplementasikan ... (Effendi Nawawi).pdf Download (44kB) | Preview |
Abstract
Tahun Pelajaran 2005-2006, pemerintah Indonesia melalui Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), akan memberlakukan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Perbedaan yang mendasar dengan kurikulum nasional 1994 adalah dari segi pendekatan, dimana dalam KBK menggunakan pendekatan kompetensi dalam proses pembelajaran, hal ini berarti dalam KBK lebih menekankan pada proses dari pada content. Untuk mencapai tujuan kurikulum pada KBK sangatlah bergantung pada guru yang akan mengimplementasikan kurikulum tersebut, sebab guru merupakan actor utama yang akan membawah atau membuat perubahan yang terjadi di dalam kelas. Maka dalam artikel ini akan membahas bagaimana peranan guru dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi (KBK), dan juga tentang cara-cara meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi di sekolah, sehingga tujuan kurikulum itu dapat dicapai.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Berbasis Kompetensi, peranan guru |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 20 Jan 2015 07:18 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 08:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11722 |
Actions (login required)
View Item |