PAKET PROGRAM PEMBELAJARAN MANDIRI BERORIENTASI PADA VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI SECARA UTUH BAGI MAHASISWA FISIKA FMIPA UNNES

Wahyu, Hardyanto and Supriadi, Rustad and Isa, Akhlis and Sugiyanto, - (2005) PAKET PROGRAM PEMBELAJARAN MANDIRI BERORIENTASI PADA VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI SECARA UTUH BAGI MAHASISWA FISIKA FMIPA UNNES. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
22. Paket Program Pembelajaran Mandiri... (Wahyu H., dkk).pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Dari hasil analisis awal di lapangan, didapatkan hasil bahwa mahasiswa fisika kurang menguasai secara mendalam konsep-konsep fisika yang cenderung abstrak. Salah satunya adalah konsep mengenai energi. Fenomena ini cukup memprihatinkan. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan dengan cara mengubah pola pembelajaran yang selama ini diterapkan, dari pembelajaran berpusat pada dosen menjadi pembelajaran mandiri (self reguleted learning) yang mengedapankan pengalaman pembelajar dalam kehidupan nyata (virtual reality). Penelitian ini diawali dengan menganalisis konsep energi secara utuh, kemudian membuat paket program pembelajaran dengan bantuan program Borlan Delphi, yang berisi pemodelan konsep-konsep energi tersebut. Kemudian disusun pula sistem evaluasi yang terintegrasi dalam paket pembelajaran tersebut yang dapat merekam seluruh aktifitas pembelajaran baik latihan dan tes, hingga mahasiswa tuntas dalam pembelajarannya. Pembuatan paket pembelajaran mandiri dan sistem evaluasi merupakan variabel bebas, dan penggunaannya dalam perkuliahan akan mempengaruhi variabel terikat yaitu penguasan konsep energi mahasiswa fisika. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Fisika, dan diambil sampel mahasiswa yang mengambil matakuliah Komputasi Fisika semester III. Hasil penelitian ini berupa CD paket program pembelajaran mandiri mengenai konsep energi yang berorientasi pada virtual reality dan sistem evaluasi yang terintegrasi dengan paket program.Berdasarkan hasil tes dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pemahaman mengenai konsep energi yang dicapai oleh mahasiswa setelah menggunakan program ini. Selain itu mahasiswa merasa senang untuk menggunakan CD paket tersebut dan mengharapkan untuk dapat dibuat untuk memudahkan pemahaman konsep-konsep fisika yang lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Program Pembelajaran Mandiri, Virtual Reality
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:18
Last Modified: 20 Jan 2015 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11706

Actions (login required)

View Item View Item