APLIKASI VIDEODISC INTERAKTIF FISIKA UNTUK MENGOPTIMALKAN PRESTASI DAN KINERJA MAHASISWA

Suparwoto and Jumadi, . and Suharyanto, . and Insih, Wilujeng (2005) APLIKASI VIDEODISC INTERAKTIF FISIKA UNTUK MENGOPTIMALKAN PRESTASI DAN KINERJA MAHASISWA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
15. Aplikasi Video Disk Interaktif... (Suparwoto, dkk.).pdf

Download (67kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan model pembelajaran fisika yang lebih menekankan aspek pemecahan masalah fisika. Dengan subjek penelitian sebanyak 32 mahasiswa prodik fisika non regular yang memrogram Fisika Dasar I dan pembelajaran yang memfokuskan diri pada pemecahan masalah fisika lewat peningkatan pemecahan masalah fisika secara sistematis. Dua model pembelajaran dipilih yakni pada bagian awal pembelajaran yang menekankan aspek pemecahan soal secara sistematis lewat analisis soal, rencana, penyelesaian dan penilaian. Selanjutnya diteruskan penerapan videodisc interaktif dengan menekankan pemecahan masalah pada aspek empiris dan rasional dalam membangun kinerja mahasiswa calon guru. Pembelajaran cara ini juga diteruskan dengan pemecahan soal secara sistematis dalam rangka menekankan pemiasaan berpikir sistematis. Desain penelitian adalah model CAR (classroom Action Research) dengan dua siklus besar. Hasil penelitian menyimpulkan (1). kesulitan utama yang dihadapi mahasiswa dalam pengembangan pemecahan masalah/soal fisika secara sistematis adalah menggambarkan gejala fisis secara tepat, khususnya yang berkaitan dengan penerapan vektor. (2). aspek pemecahan masalah/soal yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran melalui videodisc adalah pemecahan masalah yang memberikan umpan balik secara langsung kepada mahasiswa pada bagian yang dipelajarinya. Mengembangkan tes dengan umpan balik yang baik dan berkualitas yang dapat direspon secara langsung ini sangat sulit, khususnya masalah/soal yang melibatkan pemecahan secara sistematis. (3).pemecahan soal secara systematis dan penampilan gejala fisika lewat media pembelajaran dengan videodisc mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Rencana Tindak Lanjut (1) Dalam rangka memperoleh informasi entry level mahasiswa pengembangan pembelajaran melalui videodisc perlu diterapkan di bagian awal pembelajaran, sehingga pemecahan soal secara sistematis dapat direncanakan lebih baik dan diikuti dengan latihan. (2). variasi tampilan pada videodisc perlu mendapatkan perhatian, khususnya yang tidak melibatkan suara agar mahasiswa memiliki pengalaman dengan berbagai sarana pembelajaran yang mampu melatih sense siswa secara baik.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 20 Jan 2015 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11699

Actions (login required)

View Item View Item