Suparwoto and Yusman, Wiyatmo (2005) PENJAJAGAN BEKAL AJAR AWAL DAN HASIL BELAJAR AKHIR PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR PROGRAM STUDI FISIKA FMIPA UNY. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3
|
Text
14. Penjajagan Bekal Ajar Awal ... (Suparwoto, dkk.).pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengidentifikasi kebermaknaan pembelajaran fisika dasar dalam peningkatan prestasi belajar mahasiswa dengan mengukur bekal ajar awal dan hasil belajar akhir peserta didik pada program studi fisika FMIPA UNY. Metode pebelitian yang digunakan adalah survei dengan subjek penelitian adalah 37 mahasiswa yang memrogram mata kuliah fisika dasar pada semester 1 dan 2. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes fisika yang mencakup materi fisika SMU (65%) dan PT(35%). Instrumen pengumpul data memiliki indeks kesukaran 0,42 dan indeks validitas rerata 0,308 dan indeks reliabilitasnya 0,753. Data yang terkumpul dianalisis ketuntasan belajarnya dengan menggunakan meta analisis dengan menghitung nilai Effect Size( ES ). Hasil penelitian menyimpulkanrkan bahwa pada akhir semester 1, rerata sekor peserta didik meningkat 0,55 sedangkan pada akhir semester 2 rerata sekor mahasiswa naik sebesar 1,004. Sedangkan ketuntasan penguasaan materi fisika lewat nilai ES diperoleh nilai ES = 0,32 pada akhir semester 1 dan pada akhir semster 2 ES = 0,75. Implikasi dari penelitian ini menggambarkan bahwa perkuliahan fisika dasar sampai akhir semester 1 mampu meningkatkan taraf serap peserta didik sebesar 12,55% dan sampai dengan akhir semester 2 dapat ditingkatkan 27,34%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 20 Jan 2015 07:17 |
Last Modified: | 20 Jan 2015 07:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11698 |
Actions (login required)
View Item |