OPTIMALISASI PENGGUNAAN ATOMIC PHYSICS EQUIPMENT DALAM PBM UNTUK PENGEMBANGAN LIFE SKILLS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA

Yusman, Wiyatmo and Warsono and Sukardiyono (2005) OPTIMALISASI PENGGUNAAN ATOMIC PHYSICS EQUIPMENT DALAM PBM UNTUK PENGEMBANGAN LIFE SKILLS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
13. Optimalisasi Penggunaan Atomic Physics Equipment ... ( Yusman W. dkk,).pdf

Download (44kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan menumbuhkan life skill mahasiswa dengan pembelajaran Fisika Atom berbantuan atomic physics equipment, mengembangkan format pembelajaran berbasis performance base evaluation untuk peningkatan kualitas pembelajaran Fisika Atom, dan mengembangkan strategi kegiatan belajar mengajar (KBM) dan cara pengorganisasian kelas dengan optimalisasi penggunaan atomic physics equipment sebagai media pembelajaran untuk peningkatan kualitas pembelajaran Fisika Atom. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan bertumpu pada media pembelajaran, life skills, performance assesment dan peningkatan hasil belajar Fisika Atom. Target penelitian ini adalah meningkatnya keahlian dan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan piranti eksperimen fisika atom sebagai basis penanaman life skills bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi science equipment dalam pembelajaran Fisika Atom dapat menumbuhkan life skills (academic skills) mahasiswa. Hal ini ditujukkan dengan meningkatnya academic skills mahasiswa dari siklus 1 s/d siklus 3 secara berturut-turut 63,12%, 72,50%, dan 81,88%. Format pembelajaran Fisika Atom dalam bentuk Lembar Kerja Mahasiwa (LKM) dan Lembar Eveluasi berdasarkan Performance Based Evaluatian mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa secara efektif. Hal ini ditunjukkan dari meningkatnya tingkat penguasaan dan pemahaman konsep Fisika Atom mahasiswa dari siklus 1, 2 dan 3 secara berturut-turut 61,50 %, 77,00 %, dan 81,50 %.Model pembelajaran yang terpadu antara kerja laboratorium dengan optimalisasi science equipment, diskusi kelompok, dan handout mampu meningkatkan life skills, ketrampilan, dan pemahaman masiswa pada mata kuliah Fisika Atom. Hal ini ditunjukkan oleh kenaikan tingkat partisipasi, keaktifan, keterampilan, dan kemandirian belajar mahasiswa dalam kegiatan laboratorium dan diskusi kelompok. Peningkatan tingkat keterampilan mahasiswa dalam kegiatan laboratorium dari siklus 1 s/d siklus 3 secara berturut-turut adalah 52 %, 74 %, dan 90 %.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: optimalisasi, atomic physics equipment, dan life skills
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 20 Jan 2015 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11697

Actions (login required)

View Item View Item