PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BAGI MAHASISWA CALON GURU

Suharto, Linuwih and Sri, Hendratto and Siti, Khanafiah and Hadi, Susanto and Sunyoto Eko, N (2005) PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BAGI MAHASISWA CALON GURU. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
12. Pengembangan Ketrampilan Proses ... (Suharto L., dkk.).pdf

Download (57kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Mempersiapkan calon guru, senantiasa disesuaikan dengan kebutuhan masa mendatang. Untuk masa sekarang perlu disesuaikan dengan kurikulum terkini, yaitu kurikulum 2004, yang bercirikan pola kompetensi dan kerja ilmiah. Maka calon guru tersebut harus juga menguasai kemampuan berkaitan dengan kerja ilmiah. Selama ini kerja ilmiah belum disampaikan secara langsung, khususnya pada kegiatan praktikum / eksperimen. Dalam penelitian ini dilakukan upaya mengembangkan keterampilan proses ilmiah pada mahasiswa, khususnya pada kegiatan praktikum Fisika Dasar. Tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi : 1. Mendeskripsikan keteramplan proses ilmiah yang dapat dikembangkan dalam praktikum Fisika Dasar 2. Mengembangkan perangkat kegiatan Praktikum fisika Dasar yang dapat untuk mengembangkan keterampilan proses mahasiswa (berbasis inquiry) terdiri dari SAP, panduan praktikum untuk dosen/asisten, Lembar Kegiatan Mahasiswa, lembar evaluasi 3. Mendeskripsikan respon mahasiswa yang melakukan praktikum menggunakan perangkat praktikum fisika Sehubungan dengan tahapan tersebut dilakukan pemilihan materi praktikum fisika dasar yang masih erat kaitannya dengan materi di SMU. Pada akhir nya dipilih materi yang terdiri dari : Ayunan matematis, Pesawat Atwood, Percobaan Archimedes, Viskositas bola jatuh, Dinamika Fluida, Kalorimeter, Tara Kalor listrik, Resonansi Bandul, Tabung resonansi. Setelah menganalisis deskripsi respon mahasiswa yang melakukan praktikum , maka diperoleh kesimpulan : 1. Ada peningkatan penguasaan ketrampilan proses mahasiswa peserta praktikum. 2. Ada peningkatan penguasaan konsep setelah mengalami praktikum berbasis inquiry

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kerja ilmiah, keterampilan proses
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 20 Jan 2015 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11695

Actions (login required)

View Item View Item