STUDI KOMPARATIF EFEKTIFITAS TIGA MODEL EKSPERIMEN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP-KONSEP DAN KETERAMPILAN LABORATORIUM MAHASISWA CALON GURU

Ketut, Suma (2005) STUDI KOMPARATIF EFEKTIFITAS TIGA MODEL EKSPERIMEN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP-KONSEP DAN KETERAMPILAN LABORATORIUM MAHASISWA CALON GURU. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
10. Studi Komparatif Efektivitas ... ( Dr_ Ketut Suma, MS).pdf

Download (55kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektifitas tiga model eksperimen yaitu eksperimen tradisional, eksperimen terbuka-terbimbing, dan eksperimen terbuka terhadap penguasaan konsep dan keterampilan laboratorium mahasiswa calon guru. Tiga kelompok mahasiswa tahun pertama FPMIPA IKIP Negeri Singaraja telah digunakan sebagai sampel. Tiap kelompok mendapat pembelajaran Optika Geometri dengan model eksperimen yang berbeda. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui tes penguasaan konsep optika geometri dan observasi kinerja kegiatan eksperimen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji varians satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep-konsep optika geometri dan keterampilan laboratorium kelompok mahasiswa yang mengalami pembelajaran dengan model eksperimen tradisional, eksperimen terbuka-terbimbing, dan eksperimen terbuka berbeda secara signifikan. Penguaaan konsep dan keterampilan laboratorium mahasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan eksperimen terbuka lebih baik dari yang memperoleh pembelajaran dengan eksperimen terbuka-terbimbing dan eksperimen tradisional. Sementara itu, penguasaan konsep dan keterampilan laboratorium mahasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan eksperimen terbuka-terbimbing lebih baik dari yang memperoleh eksperimen tradisional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: eksperimen tradisional, eksperimen terbuka-terbimbing; eksperimen terbuka; penguasan konsep; keterampilan laboratorium
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 20 Jan 2015 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11693

Actions (login required)

View Item View Item