Edi, Istiyono and Supahar and Pujianto (2005) MEDIA BERBANTUAN KOMPUTER, MODUL DAN PENDEKATAN LEARNING COMMUNITY SERTA AUTHENTIC ASSESSMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ANALISIS RANGKAIAN LISTRIK. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3
|
Text
09. Media Berbantuan Komputer, Modul ... (Edi_Istiyono, dkk.).pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendapatkan media pembelajaran berbantuan komputer dan modul yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Analisis Rangkaian Listrik; (2) Untuk mendapatkan langkah-langkah pendekatan learning community yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Analisis Rangkaian Listrik.; dan (3) Untuk mendapatkan bentuk authentic assessment yang meningkatkan efektivitas pembelajaran Analisis Rangkaian Listrik. Subyek penelitian ini mahasiswa Program Studi Fisika dan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta yang menempuh kuliah Analisis Rangkaian Listrik. Untuk medapatkan data digunakan metode: (1) tes, (2) observasi, dan (3) angket. Tes digunakan untuk memperoleh data prestasi belajar, sedangkan angket untuk memperoleh masukan media berbantuan komputer, modul, learning community, dan authentic assessment. Data hasil belajar dianalisis dengan rerata dan simpangan baku, sedangkan hasil angket dianalisis dengan persentase jumlah. Hasil masukan dari angket digunakan sebagai dasar penyusunan media berbantuan komputer, modul, pelaksanaan learning community, dan authentic assessment. berikutnya. Dari analisis data dapat disimpulkan: (1) media pembelajaran berbantuan komputer dan modul dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Analisis Rangkaian Listrik. Bentuk media tersebut adalah gambar dengan keterangan singkat, berwarna, huruf bervariasi-animasi, sedangkan format modul adalah teori lengkap, contoh soal dan latihan; (2) Langkah-langkah pendekatan learning community yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Analisis Rangkaian Listrik adalah: (a) kelas dibagi ke dalam 8 kelompok dengan anggota 3-4 orang per kelompok, dan (b) tiap kelompok mempresentasikan makalah, sedangkan kelompok lain menanggapi; dan (3) bentuk authentic assessment yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Analisis Rangkaian Listrik adalah penilaian keaktifan, kuis, tugas, dan tes.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media, komputer, modul, learning community, authentic assessment prestasi belajar |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 20 Jan 2015 07:17 |
Last Modified: | 20 Jan 2015 07:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11692 |
Actions (login required)
View Item |