USAHA-USAHA UNTUK MEMBERDAYAKAN PENDIDIKAN IPA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU

Jumadi, . (2005) USAHA-USAHA UNTUK MEMBERDAYAKAN PENDIDIKAN IPA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
08. Usaha-usaha untuk memberdayaakan Pendidikan ... (Jumadi).pdf

Download (40kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Status dan jatidiri Pendidikan IPA sebagai suatu disiplin ilmu sampai saat ini masih belum jelas. Oleh karena itu diperlukan usaha-usaha untuk memperjelas status dan dan jatidiri ini dalam rangka pemberdayaannya sebagai suatu disiplin ilmu. Melalui kajian- kajian pustaka dan pemikiran-pemikiran filsafati dihasilkan pandangan bahwa status Pendidikan IPA adal;ah suatu syntetic discipline, suatu disiplin ilmu interdisipliner yang disintesiskan dari konsep-konsep dan prinsip-prinsip disiplin Ilmu Pendidikan dan disiplin ilmu IPA murni. Ontologi atau bidang telaah Pendidikan IPA adalah interface anak didik/masyarakat dengan IPA/alam dalam rangka mencapai tujuan Pendidikan IPA Epistemologi atau cara menelaah bidang telaah Pendidikan IPA melalui metode ilmiah yakni perpaduan antara rasional dan empiri yang pengejawantahannya dilakukan melalui penelitian ilmiah. Aksiologi atau nilai kegunaan Pendidikan IPA adalah untuk kebaikan dan kesejahteraan umat manusia. Usaha-usaha untuk memberdayakan Pendidikan IPA sebagai disiplin ilmu dapat dilakukan melalui usaha memperjelas jatidiri, penataan hasil- hasil kajian, publikasi dan sosialisasi hasil, aplikasi hasil, dan pengembangan lebih lanjut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Disiplin ilmu, ontologi, epistemologi, aksiologi, pemberdayaan
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 20 Jan 2015 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11691

Actions (login required)

View Item View Item