ANTISIPASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MELALUI PENGEMBANGAN WIRAUSAHA OLAH DATA DAN ANALISIS STATISTIK SEBAGAI BISNIS JASA YANG PROSPEKTIF (STRATEGI MENUMBUHKAN LIFE SKILL DI PERGURUAN TINGGI MELALUI KEMITRAAN DENGAN INDUSTRI JASA)

Juli, Astono and Dadan, Rosana (2005) ANTISIPASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MELALUI PENGEMBANGAN WIRAUSAHA OLAH DATA DAN ANALISIS STATISTIK SEBAGAI BISNIS JASA YANG PROSPEKTIF (STRATEGI MENUMBUHKAN LIFE SKILL DI PERGURUAN TINGGI MELALUI KEMITRAAN DENGAN INDUSTRI JASA). Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
07. Antisipasi Kurikulum Berbasis Kompetensi ... (Juli Astono, dkk.).pdf

Download (81kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model implementasi kurikulum berbasis kompetensi pada materi perkuliahan di Jurdik Fisika, mengembangkan ketrampilan dengan pendekatan kontekstual, mendesain siklus pengembangan kewirausahaan dalam bentuk collaboration action research dan menginventarisir kendala dalamnya. Rancangan riset dalam penelitian ini yakni action research yang lebih menekankan pada collaboration action research, dan sebagai subjek penelitian yakni mahasiswa pendidikan fisika yang mengambil matakuliah teori dan tenik pengukuran. Teknik yang digunakan untuk pemantauan data terdiri dari angket awal dan akhir kegiatan, catatan harian dan deskripsi pada saat kegiatan, wawancara dengan mahasiswa, pemeriksaan hasil kegiatan mahasiswa dan rekaman kegiatan dalam perkuliahan, workshop dan magang. Teknik analisis data digunakan dengan metoda kualitatif statistik deskriptif persentase dan data kuantitatif dianalisis dengan program SPSS. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yakni, pertama , desain program pembelanjaran teori dan teknik pengukuran dengan menggunakan media dan rancangan pembelajaran berbasis pengembangan life skill melalui proses pembelajaran praktikum, dan magang di insdustri olah data statistik. Kedua, alternatif yang perlu ditempuh untuk peningkatan kualitas pembelajaran yakni melalui pengembangan program statistik seperti LISREL dan AMOS, peningkatan frekuensi diskusi antar mahasiswa, dosen dan kolaborator, peningkatan frekuensi kegiatan praktikum dan magang untuk memberi pengalaman pada mahasiswa. Ketiga, kontribusi kegiatan magang dengan industri jasa olah data akan membangun kerjasama yang positip dan saling menguntungkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Berbasis Kompetensi, Magang, Wirausaha
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 20 Jan 2015 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11690

Actions (login required)

View Item View Item