PERINTISAN LABORATORIUM PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN EVALUASI SAINS (LP3ES) SEBAGAI GROWTH CENTER UNTUK PENGUATAN SAINS DI SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH

Insih, Wilujeng and Yuli, Astono and Dadan, Rosana (2005) PERINTISAN LABORATORIUM PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN EVALUASI SAINS (LP3ES) SEBAGAI GROWTH CENTER UNTUK PENGUATAN SAINS DI SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
06. Perintisan Laboratorium Pengembangan ... (Insih Wilujeng, dkk.).pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Melakukan analisis kebutuhan (need assessment) untuk mengetahui kebutuhan dasar di sekolah dasar dan menengah dalam kaitannya dengan pembelajaran sains, (2) Mengembangkan perangkat pembelajaran baik yang riil (demonstrasi dan eksperimen) melalui pendekatan Reseach and Development (R&D), (3) Mendesiminasikan peragkat pembelajaran hasil pengembangan di tingkat sekolah menengah, (4). Merintis Laboratorium Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Evaluasi sains (LP3ES) yang berfungsi sebagai tempat pengembangan kreativitas dosen dan mahasiswa sekaligus memberikan pelayanan pelatihan dan konsultasi bagi guru-guru sains di sekolah dasar dan menengah. Motode penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Sampel penelitian adalah sekolah binaan yang meliputi SD Prawirotaman Kota Yogyakarta, SMP N 1 Ngemplak Sleman Yogyakarta dan SMA N 1 Sepok Yogyakarta. Hasil Penelitian untuk kolaborasi SMP sebagai berikut. Berdasar analisis kebutuhan, maka perangkat yang perlu dikembangkan adalah perangkat pembelajaran ekperimen (percobaan) untuk materi kalor. Berdasarkan Pengembangan (R & D) berhasil dikembangkan perangkat pembelajaran, yaitu 4 buah Rencana Pembelaharan, 4 buah LKS. Evaluasi kognitif dan proses. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dalam hal melakukan percobaan, melakukan observasi dan mencatat data hasil percobaan, membuat kesimpulan, menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam LKS, berdiskusi, mencatat konsep hasil belajar. Respon siswa setelah pembelajaran sebesar 89% dengan alasan siswa merasa cukup terbantu dengan LKS, sehingga pemahaman terhadap konsep fisika menjadi lebih baik. Kemampuan siswa dalam menganalisi cara perbedaan perpindahan kalor dapat meningkat dari skor awal 3,57 menjadi 6,57 di akhir siklus I dan menjadi 7,3 di akhir siklus II. Keterampilan psikomotor siswa meningkat terutama dalam penggunaan dan pembacaan skala termometer. Dari hasil penelitian yang berkolaborasi dengan SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta dapat disimpulkan sebagai berikut. Aktivitas guru yang dominan selama pembelajaran adalah mengamati kegiatan siswa (47%), membimbing siswa (21,1%), mengajukan pertanyaan (8,3%), menganggapi pertanyaan/gagasan siswa (6,0%), mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran (4,7%). Sedangkan aktivitas siswa yang dominan adalah mendengarkan penjelasan siswa lain (33,0%), mendengarkan penjelasan guru (15,7%), membaca (15,4%), menanggapi pertayaan siswa (10,8%), menulis (9,1%), menyatakan ide (4,5%). Kemampuan guru dalam menyampaikan pendahuluan pembelajaran pembelajaran rata-rata memiliki skor (3,0), mengarahkan diskusi baik (2,9), menutup pembelajaran rata-rata (3,0).. Prosentase rata- rata keterampilan siswa dalam menyatakaan ide dan mengajukan pertanyaan tingkat tinggi pada diskusi kelompok meningkat dari waktu ke waktu. Prosentase terbesar yang muncul dalam diskusi kelompok adalah menyatakan ide (44,8%), menaggapi pertanyaaan/pendaapat orang lain (42,2%). Semua aspek keterampilan siswa melakukaan kegiatan eksperimen rata-rata muncul 6 sebesar 65 %. Respon siswa terhadap komponen pembelajaran sebesar 90,4% siswa senang terhadap komponen pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: LP3ES, Resarch and Development
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 20 Jan 2015 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11689

Actions (login required)

View Item View Item