SALAH KONSEPSI FISIKA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Ahmad Abu, Hamid (2005) SALAH KONSEPSI FISIKA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
05. Salah Konsepsi Fisika (Abu hamid).pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Salah konsepsi Fisika berada pada daerah pemahaman konsep seseorang. Konsep Fisika merupakan gejala atau ciri-ciri yang menyatu dengan objek. Mempelajari suatu konsep Fisika merupakan usaha untuk memaknai konsep, membangun gambaran konsep di dalam fikiran, menerapkan, dan mengembangkannya. Konsepsi Fisika adalah gambaran dalam fikiran seseorang tentang suatu konsep Fisika. Terhadap konsep Fisika yang sama, konsepsi seseorang dapat berbeda dengan konsepsi yang dimiliki orang lain, dan konsepsi ini dapat salah, atau disebut salah konsepsi Fisika. Jenis-jenis dan tingkat-tingkat salah konsepsi Fisika akan membangun profil salah konsepsi Fisika. Sedangkan faktor-faktor internal dan eksternal dalam diri seseorang akan menimbulkan faktor-faktor pembentuk salah konsepsi Fisika. Penelitian ini akan membahas mengenai profil salah konsepsi Fisika dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Uji asumsi yang dilakukan adalah uji linieritas dan uji normalitas sebaran. Sedangkan perhitungan prosentase proporsi skor salah konsespi Fisika digunakan untuk menemukan tingkat-tingkat salah konsepsi dan analisis kovarian digunakan untuk menemukan pengaruh faktor-faktor internal dan eksternal terhadap salah konsepsi Fisika. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Jenis-jenis salah konsepsi di kalangan Mahasiswa Pendidikan Fisika masih banyak, antara lain: di bidang Mekanika, Kalor, Gelombang dan Optika, serta di bidang Listrik. Faktor-faktor internal yang mempengaruhi salah konsepsi Fisika antara lain: tingkat kecerdasan (IQ), minat terhadap Fisika, dan motivasi jadi Guru Fisika. Sedangkan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi salah konsepsi Fisika antara lain: kualitas dan kuantitas pembelajaran, sistem evaluasi, serta sarana belajar Fisika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Salah Konsepsi Fisika, Jenis Salah Konsepsi, Tingkat Salah Konsepsi, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Salah Konsepsi Fisika
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 20 Jan 2015 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11687

Actions (login required)

View Item View Item