DAUR ULANG LIMBAH PLASTIK DAN LOGAM UNTUK PENGEMBANGAN SCIENCE EQUIPMENT SUATU UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEMULUNG DALAM BENTUK KEMITRAAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT (STUDI KASUS MASYARAKAT PEMULUNG DI PROPINSI DIY)

Dadan, Rosana and Juli, Astono and A., Maryanto (2005) DAUR ULANG LIMBAH PLASTIK DAN LOGAM UNTUK PENGEMBANGAN SCIENCE EQUIPMENT SUATU UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEMULUNG DALAM BENTUK KEMITRAAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT (STUDI KASUS MASYARAKAT PEMULUNG DI PROPINSI DIY). Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
03. Daur Ulang Limbah Plastik ...(Dadan R.).pdf

Download (136kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengandung empat aspek mendasar yaitu; pertama, Mengembangkan model pemberdayaan masyarakat pemulung dengan mengacu pada pengembangan budaya kemitraan antara sekolah dan masyarakat, kedua, upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat pemulung melalui workshop suatu strategi pemberian keterampilan hidup (life skills) tambahan terkait dengan pekerjaannya, ketiga, upaya penanganan lingkungan melalui daur ulang limbah Plastik dan Logam untuk mengembangkan science equipment yang terkait dengan strategi atau model pembiayaan pendidikan bagi masyarakat, dan keempat, dimensi kultural yang terkait dengan upaya menciptakan budaya kemitraan antara sekolah dan masyarakat yang berdampak pada Pendekatan yang digunakan dalam pengembangan science equipment adalah Research and Development (R&D). Sedangkan pada tahapan deseminasi digunakan pendekatan collaboration action research (CAR). Dengan rancangan kegiatan tersebut melalui penelitian ini telah dihasilkan 4 jenis produk penelitian, yaitu : pertama, hasil berupa produk (science equipment, Lembar Kegiatan Siswa terkait dengan science equipment yang dikembangkan, dan profil kemampuan siswa dalam menggunakan alat peraga yang dibuat pemulung). Kedua, hasil berupa rekaman proses kegiatan (analisis instrumen; Need assessment, analisis kebutuhan pemulung), performance assessment (kinerja peserta pelatihan : pemulung dan guru-guru sains), lembar observasi dan angket sikap, rekaman foto dan film video. Ketiga, hasil berbentuk kemitraan anatara pihak peneliti, pemulung, dan guru-guru sains. Dan keempat, hasil berbentuk pemberdayaan masyarakat pemulung dan guru sains. Dengan tahapan semacam itu maka kegiatan penelitian ini telah mengarah pada realisasi dari tujuannya yaitu: mengembangkan model pemberdayaan masyarakat pemulung dengan mengacu pada pengembangan budaya kemitraan antara sekolah dan masyarakat, meningkatkan kualitas hidup masyarakat pemulung melalui workshop suatu strategi pemberian keterampilan hidup (life skills) tambahan terkait dengan pekerjaannya, mengembangkan upaya penanganan lingkungan melalui daur ulang limbah plastik dan logam untuk mengembangkan science equipment yang terkait dengan strategi atau model pembiayaan pendidikan bagi masyarakat, serta mengembangkan budaya kemitraan antara sekolah dan masyarakat yang berdampak pada tingkat pendidikan siswa yang berasal dari keluarga pemulung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: science equipment, pemberdayaan, kemitraan
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:17
Last Modified: 20 Jan 2015 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11685

Actions (login required)

View Item View Item