KAJIAN NUMERIK SIFAT DENSITAS SISTEM HIDROKARBON GAS KONDENSAT BERBASIS KOMPOSISI MENGGUNAKAN PERSAMAAN SOAVE REDLICH-KWONG (SRK-EOS)

Supahar, Supahar (2005) KAJIAN NUMERIK SIFAT DENSITAS SISTEM HIDROKARBON GAS KONDENSAT BERBASIS KOMPOSISI MENGGUNAKAN PERSAMAAN SOAVE REDLICH-KWONG (SRK-EOS). Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3

[img]
Preview
Text
01. Kajian Numerik Sifat Densitas ... (Supahar).pdf

Download (155kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat densitas system hidrokarbon gas kondensat terhadap perubahan tekanan dan temperature menggunakan persamaan keadaan Soave-Redlich-Kwong (SRK-EOS). Metode penelitian dimulai dari penentuan sifat fisik seperti temperature kritis, tekanan kritis, volume kritis, dan factor asentrik gas untuk masing-masing komponen gas hidrokarbon menggunakan table yang telah dibakukan secara Internasional. Khusus untuk menentukan sifat fisik komponen Heptana plus pada penelitian ini digunakan persamaan korelasi Riazi-Duabert. Untuk mementukan persen mole tiap komponen hidrokarbon pada setiap perubahan tekanan gas digunakan metode flash Liberation. Data sifat fisik gas dan hasil flash liberation ini selanjutnya digunakan untuk menentukan factor kompresibilitas gas menggunakan persamaan SRK-EOS. Untuk menentukan kuantitas Densitas gas, hasil penentuan factor kompresibilitas dipakai untuk menyelesaikan persamaan Mattar dalam bentuk persamaan korelasi Dranchuk – Abou Kassem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, untuk gas kondensat pada temperature konstan penurunan tekanan gas akan diikuti dengan penurunan densitas gas secara linear. Sebaliknya pada tekanan konstan, penurunan temperature reservoir gas akan diikuti dengan naiknya densitas.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2014 06:02
Last Modified: 11 Dec 2014 06:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11666

Actions (login required)

View Item View Item