Ubaidillah, Mujib (2013) Pengembangan Subject-Specific Pedagogy (SSP) Fisika Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Listrik Dinamis Siswa Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-mujib-ubaidillah-11708251027.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) kelayakan SSP (Subject-Specific Pedagogy) fisika berbasis problem solving, 2) peningkatan keterampilan proses sains dan kemampuan pemecahan masalah materi listrik dinamis menggunakan SSP fisika berbasis problem solving pada siswa kelas X SMA N 7 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk research and development menggunakan model pengembangan 4-D yang meliputi: 1) pendefinisian, 2) perancangan, 3) pengembangan, dan 4) penyebaran. Produk SSP hasil pengembangan kemudian diujicobakan dalam uji coba terbatas dan luas. Subjek penelitian dalam uji coba terbatas berjumlah 15 siswa, sedangkan dalam uji coba luas berjumlah 30 siswa untuk kelas kontrol dan 29 siswa untuk kelas eksperimen. Hasil pengembangan SSP dinilai dengan sistem skor 5 kategori. Analisis statistik menggunakan analisis multivariat. Hasilpenelitianadalahsebagaiberikut. 1) Hasilpengembangan SSP yang meliputisilabus, RPP, dan LKS berkategorisangatbaik, instrumentes KPS, instrumentespemecahan masalahdanbuku ajar berkategoribaik. 2) PenerapanSSPfisikaberbasisproblem solvingberpengaruhsignifikanterhadappeningkatanketerampilan proses sainsdan kemampuan pemecahan masalah.Hasilujimultivariatmembuktikanterdapatperbedaanpengaruhantarasiswa yang mengikutipembelajaran SSP berbasisproblem solvingdengansiswa yang mengikutipembelajaran SSP konvensional.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SSP, keterampilan proses sains, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 10 Dec 2014 04:44 |
Last Modified: | 08 May 2019 15:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11659 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |