Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Concept Mapping terhadap Kemampuan Kerjasama dan Peningkatan Penguasaan Konsep Peserta Didik SMA pada Topik Pencemaran Lingkungan

Hidayat, Muhammad (2013) Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Concept Mapping terhadap Kemampuan Kerjasama dan Peningkatan Penguasaan Konsep Peserta Didik SMA pada Topik Pencemaran Lingkungan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-hidayat-11708251010.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh: 1) model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan kerjasama dan penguasaan konsep peserta didik 2) concept mapping terhadap kemampuan kerjasama dan penguasaan konsep peserta didik 3) kombinasi antara model Cooperative Learning tipe NHT dan Concept Mapping terhadap kemampuan kerjasama peserta didik dan 4) kombinasi antara model Cooperative Learning tipe NHT dan concept mapping terhadap penguasaan konsep peserta didik SMA Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest dengan tiga variasi perlakuan dan satu kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X yang berjumlah 206 orang yang terbagi menjadi enam kelompok belajar. Empat kelompok belajar yang dijadikan sampel yaitu peserta didik kelas X1 dengan perlakuan strategi concept mapping, X2 dengan perlakuan kombinasi antara model Cooperative Learning tipe NHT dan concept mapping, X3 dengan perlakuan tanpa Cooperative Learning tipe NHT dan concept mapping (konvensional), dan X6 dengan perlakuan model Cooperative Learning tipe NHT. Pengumpulan data dilakukan dengan: a) melakukan penilaian performansi untuk mengukur kemampuan kerjasama dan b) metode tes yang dilakukan melalui pretest dan postest untuk mengukur penguasaan konsep. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Model Cooperative Learning tipe NHT berpengaruh terhadap kemampuan kerjasama peserta didik dengan nilai rata-rata kemampuan kerjasama yaitu 32,3143 (sangat tinggi), tetapi tidak berpengaruh terhadap penguasaan konsep peserta didik dengan rata-rata pretes yaitu 61,1429 (tinggi) dan posttest 71,2857 (tinggi). 2) Concept mapping tidak berpengaruh terhadap kemampuan kerjasama peserta didik dan penguasaan konsep peserta didik dengan rata-rata pretest 62,9167 (tinggi) dan posttest 71,2500 (tinggi). 3) Kombinasi antara model Cooperative Learning tipe NHT dan concept mapping berpengaruh terhadap kemampuan kerjasama peserta didik, dengan nilai rata-rata kemampuan kerjasama peserta didik, yaitu 33,2812 (sangat tinggi). 4) Kombinasi antara model Cooperative Learning tipe NHT dan concept mapping berpengaruh terhadap penguasaan konsep peserta didik dengan nilai pretest 62,1875 (tinggi) setelah posttest menjadi 76,5625 (sangat tinggi).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: NHT, concept mapping, kerjasama, penguasaan konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:44
Last Modified: 08 May 2019 15:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11658

Actions (login required)

View Item View Item