Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Minat Belajar Peserta Didik kelas VII SMP N 1 Batulicin

Wiguna, Muhammad Chandra (2013) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Minat Belajar Peserta Didik kelas VII SMP N 1 Batulicin. S2 thesis, UNY.

[img] Text
muhammad-chandra-wiguna-10708259018.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) IPA kelas VII SMP yang berbasis keterampilan proses, 2) mengetahui kelayakan Lembar kegiatan peserta didik (LKPD) IPA kelas VII, 3) mengetahui apakah penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) IPA kelas VII SMP berbasis keterampilan proses ini dapat meningkatkan sikap ilmiah dan minat belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada 4 langkah utama yang dikembangkan oleh Thiagarajan, namun penelitian ini hanya melaksanakan langkah 1-3 (pendefinisisan, perancangan, dan pengembangan). Subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik SMP N 1 Batulicin sejumlah 41 orang dengan rincian: 10 peserta untuk uji coba terbatas dan 31 peserta didik untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, observasi, dan tes (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) LKPD yang dikembangkan ditinjau dari variabel kualitas materi, kualitas penyajian, kualitas kebahasaan dan kualitas kegrafikaan menurut ahli, berkategori sangat baik; 2) respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan berkategori sangat baik; 3) pembelajaran dengan LKPD yang dikembangkan dapat meningkatkan sikap ilmiah dan minat belajar IPA peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, LKPD, sikap ilmiah, minat belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:44
Last Modified: 08 May 2019 15:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11657

Actions (login required)

View Item View Item