Evaluasi Kemampuan Guru Fisika SMA dalam Menyusun Instrumen Penilaian Hasil Belajar

Kaleka, Melkyanus (2013) Evaluasi Kemampuan Guru Fisika SMA dalam Menyusun Instrumen Penilaian Hasil Belajar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-melkyanus-kaleka-11708251005.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru fisika SMA/MA di Kabupaten Ende dalam menyusun instrumen penilaian hasil belajar dalam aspek: 1) kisi-kisi soal ulangan akhir semester, 2) soal ulangan akhir semester, dan 3) pengolahan hasil ulangan akhir semester. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kesenjangan, yaitu menekankan pada pandangan adanya kesenjangan di dalam pelaksanaan program. Tempat penelitian di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan April tahun 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah guru fisika SMA/MA yang berjumlah 33 orang. Karena kondisi wilayah yang sangat luas, maka dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 20 orang yang tersebar dalam 12 SMA/MA dari total 23 SMA/MA yang ada di Kabupaten Ende secara purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar dokumentasi dan lembar kuesioner. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru fisika SMA/MA di Kabupaten Ende dalam menyusun instrumen penilaian hasil belajar termasuk dalam kriteria tinggi (nilai 3,82) pada skala 5 atau 1,00 s.d 5,00. Dilihat dari masing-masing variabel diperoleh: 1) kemampuan guru fisika SMA/MA dalam menyusun kisi-kisi soal ulangan akhir semester termasuk dalam kriteria tinggi (nilai 3,62), 2) kemampuan guru fisika SMA/MA dalam menyusun soal ulangan akhir semester termasuk dalam kriteria sangat tinggi (nilai 4,31), dan 3) kemampuan guru fisika SMA/MA dalam mengolah hasil ulangan akhir semester termasuk dalam kriteria tinggi (nilai 3,54).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen, penilaian
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:44
Last Modified: 08 May 2019 15:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11656

Actions (login required)

View Item View Item