Keterlaksanaan Program Pembelajaran IPA Terpadu SMP Negeri di Kota Jayapura

Akobiarek, Maik Nataniel Ruben (2013) Keterlaksanaan Program Pembelajaran IPA Terpadu SMP Negeri di Kota Jayapura. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maik-nataniel-ruben-akobiarek-10708251037.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) keterlaksanaan pembelajaran IPA dengan pendekatan IPA Terpadu di SMP negeri di Kota Jayapura, dan (2) sejauh mana keterlaksanaan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang melekat pada guru, yang meliputi latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, beban mengajar, dan usia guru. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan teknik pengumpulan data melalui sensus dengan subjek penelitian semua guru IPA SMP negeri di Kota Jayapura yang berjumlah 45 orang guru dan tersebar di 14 sekolah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang terdiri dari: (1) angket perolehan informasi tentang pendekatan IPA Terpadu, (2) angket pemahaman tentang pendekatan IPA Terpadu, (3) angket keterlaksanaan pendekatan IPA Terpadu, dan (4) angket upaya pengembangan diri. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan mendeskripsikan dan memaknai data dari aspek-aspek yang diteliti. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Keterlaksanaan Pendekatan IPA Terpadu dalam pembelajaran IPA di SMP negeri di Kota Jayapura, meliputi: (a) aspek perolehan informasi tentang pendekatan IPA Terpadu, 77,8% guru menyatakan informasi yang diterima tentang pendekatan IPA Terpadu jelas, b) aspek pemahaman tentang pendekatan IPA Terpadu, 95,55% guru menyatakan paham tentang pendekatan IPA Terpadu, c) aspek keterlaksanaan pendekatan IPA Terpadu, 100% atau semua guru tidak melaksanakan pendekatan IPA Terpadu, d) aspek upaya pengembangan diri, 73,33% guru upaya pengembangan dirinya masih kurang, (2) Hubungan aspek keterlaksanaan dengan faktor-faktor yang melekat pada guru, sebagai berikut: a) perolehan informasi tentang pendekatan IPA Terpadu, pemahaman tentang pendekatan IPA Terpadu, keterlaksanaan pendekatan IPA Terpadu dan upaya pengembangan diri guru tidak bergantung kepada latar belakang pendidikan guru, b) perolehan informasi tentang pendekatan IPA Terpadu, pemahaman tentang pendekatan IPA Terpadu, keterlaksanaan pendekatan IPA Terpadu dan upaya pengembangan diri guru tidak bergantung kepada pengalaman mengajar guru, c) perolehan informasi tentang pendekatan IPA Terpadu, pemahaman tentang pendekatan IPA Terpadu, keterlaksanaan pendekatan IPA Terpadu dan upaya pengembangan diri guru tidak bergantung kepada beban mengajar guru, d) perolehan informasi tentang pendekatan IPA Terpadu, pemahaman tentang pendekatan IPA Terpadu, keterlaksanaan pendekatan IPA Terpadu dan upaya pengembangan diri guru tidak bergantung kepada usia guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan IPA Terpadu, keterlaksanaan, pembelajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:44
Last Modified: 26 May 2016 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11655

Actions (login required)

View Item View Item