Pengembangan LKPD komik berbasis Real Life Science untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Peserta Didik pada Materi Optik

Lusiani, Lusiani (2013) Pengembangan LKPD komik berbasis Real Life Science untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Peserta Didik pada Materi Optik. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-lusiani.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan LKPD komik berbasis real life science menjadi media pembelajaran fisika SMA yang baik, (2) keefektifan LKPD komik berbasis real life science dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik, (3) perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi antara kelas yang menggunakan LKPD komik dengan kelas yang menggunakan LKPD bukan komik. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada 10 langkah utama yang dikembangkan oleh Borg & Gall, namun penelitian ini terbatas pada langkah 1-7 (studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draft LKPD komik dan validasi, uji terbatas, evaluasi dan revisi, uji coba lebih luas, evaluasi dan penyempurnaan). Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa SMA N 2 Sleman sejumlah 74 orang dengan rincian: 10 siswa SMA N 2 Sleman untuk uji coba terbatas dan 64 siswa SMA N 2 Sleman untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi perangkat, angket, lembar observasi, dan tes (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD komik berbasis real life science materi optik untuk peserta didik SMA yang dikembangkan ini layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli (media pembelajaran, ahli materi pembelajaran, guru fisika, teman sejawat), hasil respon siswa, hasil uji coba terbatas, uji coba lapangan. LKPD komik berbasis real life science efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf signifikansi 5 % maka diperoleh bahwa nilai keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik menggunakan LKPD Komik berbasis real life science menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan yang ditunjukkan dengan nilai thitung yaitu 3,057 dan tingkat signifikansi 0,003. Karena thitung>ttabel atau nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada nilai keterampilan berpikir tingkat tinggi antara kelas yang menggunakan LKPD komik berbasis real life science dan kelas yang menggunakan LKPD bukan komik berbasis real life science.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:44
Last Modified: 08 May 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11654

Actions (login required)

View Item View Item