Pengembangan Higher-Order-Thinking Multiple-Choice Test untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis IPA Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs

Hartini, Hartini (2013) Pengembangan Higher-Order-Thinking Multiple-Choice Test untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis IPA Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hartini-12708259022.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan perangkat soal higher-order-thinking multiple-choice test (HOT-MCT) untuk mengukur keterampilan berpikir kritis IPA peserta didik kelas VII SMP/MTs, (2) mengetahui kualitas secara teoretis perangkat soal HOT-MCT, dan (3) mengetahui kualitas secara empiris perangkat soal HOT-MCT menurut teori klasik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dengan tujuh langkah dari 10 langkah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang meliputi: (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi. Penelitian pendahuluan digunakan untuk menganalisis kebutuhan penggunaan soal dan pengukuran keterampilan berpikir kritis di lapangan. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi terhadap HOT-MCT oleh satu ahli materi, satu ahli evaluasi, dan review oleh tiga orang guru IPA SMP. Validasi bertujuan untuk menentukan kualitas produk HOT-MCT secara teoretis. Uji kualitas secara empiris dilakukan dengan menggunakan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Uji coba kelompok kecil melibatkan 31 peserta didik SMP N 1 Karangkobar sebagai subjek uji coba. Uji coba lapangan melibatkan 171 peserta didik yang berasal tiga sekolah yaitu SMP N 1 Banjarnegara, SMP N 1 Karangkobar, dan SMP N 3 Kalibening yang merupakan sekolah dengan status yang berbeda-beda. Analisis data uji coba menggunakan parameter teori klasik untuk mengetahui kualitas perangkat soal HOT-MCT secara empiris. Penelitian ini telah menghasilkan perangkat soal HOT-MCT untuk mengukur keterampilan berpikir kritis IPA peserta didik kelas VII SMP/MTs dengan penjelasan sebagai berikut: (1) perangkat soal HOT-MCT berupa seperangkat soal pilihan ganda sederhana dengan empat pilihan jawaban yang terdiri dari 23 butir soal yang dihasilkan melalui prosedur tahap-tahap penelitian dan pengembangan, (2) berdasarkan validasi oleh ahli dan reviewer perangkat soal HOT-MCT merupakan perangkat soal yang valid dengan perbaikan sesuai dengan masukan dari ahli dan reviewer; (3) berdasarkan uji coba empiris kualitas perangkat soal HOT-MCT menurut teori klasik terdiri dari 23 butir soal yang valid dengan tingkat reliabilitas α = 0,723 yaitu dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: higher order thinking multiple choice test, keterampilan berpikir kritis, IPA SMP
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:43
Last Modified: 08 May 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11650

Actions (login required)

View Item View Item