Profil Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Fisika SMA Negeri Kabupaten Purworejo Pascasertifikasi Guru

Kurniasari, Hanifah Dwi (2013) Profil Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Fisika SMA Negeri Kabupaten Purworejo Pascasertifikasi Guru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hanifah-dwi-kurniasari-11708251034.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) profil motivasi kerja guru fisika SMA Negeri Kabupaten Purworejo pascasertifikasi guru, (2) profil kinerja guru fisika SMA Negeri Kabupaten Purworejo pascasertifikasi guru, dan (3) hubungan antara motivasi kerja guru fisika dengan kinerja guru fisika SMA Negeri Kabupaten Purworejo pascasertifikasi guru. Populasidan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru fisika SMA Negeri di Kabupaten Purworejo yang telah lulus sertifikasi guru dengan jumlah 20 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket (penilaian diri) untuk melihat motivasi kerja guru fisika,sedangkan untuk melihat kinerja guru fisika pada aspek perencanaan pembelajaran menggunakan metode dokumentasi. Kinerja guru fisika pada aspek pelaksanaan dan penilaian pembelajaran menggunakan metode observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui profil motivasi kerja guru fisika dan kinerja guru fisika dilakukan dengan kategorisasi tingkat kecenderungan pada variabel. Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara motivasi kerja guru fisika dengan kinerja guru fisika dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan deskriptif dan kategorisasi diperoleh bahwa:(1) profil motivasi kerja guru fisika SMA Negeri Kabupaten Purworejo pascasertifikasi guru berada pada interval X ̅> 4,2 dengan kategori sangat baik. (2) Profil kinerja guru fisika dibagi menjadi dua (2) aspek yaitu : aspek perencanaan pembelajaran serta pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Kinerja guru ada aspek perencanaan pembelajaran berada pada interval X ̅> 4,2 dengan katergori sangat baik,sedangkan pada aspek pelaksanaan dan penilaian pembelajaran berada pada interval X ̅> 4,2 dengan kategori sangat baik. (3) Terdapat hubungan yang positif antara motivasi kerja guru fisika dengan kinerja guru fisika pada aspek perencanaan pembelajaran dan terdapat hubungan yang positif antara motivasi kerja guru fisika dengan kinerja guru fisika pada aspek pelaksanaan dan penilaian pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi kerja, kinerja guru, dan pascasertifikasi guru
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:43
Last Modified: 08 May 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11649

Actions (login required)

View Item View Item