Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan Pendekatan Guided Inquiry untuk Meningkatkan Produk Kreativitas Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA di SMP/MTs

Sulviana, Fitria (2013) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan Pendekatan Guided Inquiry untuk Meningkatkan Produk Kreativitas Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA di SMP/MTs. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitria-sulviana-10708259012.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1)mengetahui kelayakan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) yang dikembangkan dengan pendekatan guided inquiry pada mata pelajaran IPA di SMP/MTs, 2) meningkatkan produk kreativitas peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMP/MTs melalui penggunaan LKPD yang dikembangkan dengan pendekatan guided inquiry. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model Borg & Gall yang dimodifikasi dari sepuluh langkah menjadi tujuh langkah. Penilaianproduk dilakukan oleh seorang ahlimateri dan seorang ahli media, tiga pendidik IPA, dan dua teman sejawat. Uji coba produk dilakukan sebanyak dua kali yaitu uji coba terbatas dan uji coba lapangan pada peserta didik kelas VIII. Uji coba terbatas dilakukan di MTsN Donomulyo Kulon Progo sebanyak delapan peserta didik, sedangkan uji coba lapangan dilakukan di SMPN 2 Wates Kulon Progo. Uji coba lapangan menggunakan dua kelas yaitu kelas VIIIB sebagai kelas perlakuan dan kelas VIIID sebagai kelas pembanding. Setiap kelas terdiri dari 32 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalahlembar penilaian LKPD, angket respon peserta didik terhadap LKPD, lembar observasi, pretes-postes, dan pedoman penilaian mapping. Data yang diperoleh dari lembar penilaian LKPD, angket respon peserta didik terhadap LKPD, lembar observasi, dan mappingpeserta didik dianalisis secara deskriptif. Data hasil pretes dan postes dianalisis menggunakan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) LKPD hasil pengembangan dinilai “sangat baik” ditinjau dari aspek materi (rerata skor 24,17),aspek penyajian (21,61), aspek kebahasaan (12,61),dan aspek kegrafikaan (16,67),dan 2)terjadi peningkatan produk kreativitas peserta didik berupa mappingdari rerata skor 172,47 naik menjadi 311,06. Hasil tersebut menunjukkan bahwa LKPD pembelajaran IPA dengan topik “Cahaya dalam Kehidupan” hasil pengembangan layak digunakan untuk meningkatkan produk kreativitas mapping peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD, pendekatan guided inquiry, produk kreativitas peserta didik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:43
Last Modified: 08 May 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11648

Actions (login required)

View Item View Item