Pengembangan Subject-Specific Pedagogy Fisika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Noor, Faiq Makhdum (2013) Pengembangan Subject-Specific Pedagogy Fisika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-faiq-makhdum-noor-11708251007.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Subject-Specific Pedagogy (SSP) fisika yang layak digunakan dalam proses pembelajaran, dan 2) meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D terdiri atas empat tahap utama yaitu: (1) Define, (2) Design, (3) Develop dan (4) Disseminate. Penelitian ini tidak menggunakan tahap Disseminate (Penyebaran) karena keterbatasan sumber daya yang ada. Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta kelas XI dengan responden sebanyak 86 orang, terdiri atas satu orang ahli SSP, satu orang ahli penilaian, satu orang guru fisika, satu orang teman sejawat, 10 orang siswa uji keterbacaan produk, dan 72 orang siswa uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi ahli, lembar observasi keterampilan proses sains, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa terhadap buku siswa dan LKS, angket respon siswa terhadap proses pembelajaran, angket motivasi belajar siswa, dan soal tes keterampilan proses sains. Data penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi, angket, dan soal tes tertulis. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1) Pengembangan SSP fisika dilaksanakan sesuai dengan prosedur pengembangan produk. 2) Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa SSP fisika yang mencakup silabus, RPP, buku siswa, LKS, dan instrumen penilaian termasuk kriteria “sangat baik”. 3) Keterbacaan buku siswa dan LKS termasuk kriteria “baik” dalam penilaian siswa. 4) Kenaikan skor kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dalam aspek penilaian keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa SSP fisika ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SPP fisika, pendekatan CTL,KPS, motivasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:43
Last Modified: 08 May 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11647

Actions (login required)

View Item View Item