Studi Kompetensi Guru Biologi Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level Enam

Lestari, Dian Ida (2013) Studi Kompetensi Guru Biologi Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level Enam. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dian-ida-lestari-11708251059.swf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi guru biologi lulusan Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UNY terhadap KKNI level enam, kelebihan dan kekurangan kompetensinya berdasarkan KKNI level enam, dan program atau pelatihan yang diperlukan guru biologi untuk menjadi guru profesional yang mencapai KKNI level tujuh. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survei. Penelitian ini dilakukan di SMP/MTs dan SMA/MA/SMK di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Magelang dan Klaten. Subjek penelitian adalah 17 guru biologi, 17 kepala sekolah, 34 guru sejawat, dan 340 peserta didik yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Validitas dan reliabilitas instrumen dianalisis dengan Alpha Chronbach program SPSS 16 menunjukkan bahwa instrumen valid dan reliabel dengan nilai koefisien alpha 0,89. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) secara umum kompetensi guru biologi lulusan Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UNY sudah mencapai KKNI level enam dengan kriteria cukup untuk deskriptor pertama dan kriteria baik untuk deskriptor kedua, ketiga, dan keempat, (2) kelebihan kompetensi guru biologi berdasarkan KKNI level enam yakni mampu memanfaatkan ICT dalam pembelajaran, mampu menggunakan peralatan laboratorium/kit pembelajaran, memiliki kompetensi profesional dan pedagogik yang baik, menguasai bimbingan konseling dalam pembelajaran biologi, serta memiliki kompetensi sebagai guru biologi, kepribadian, dan sosial yang baik, sedangkan kekurangan kompetensi guru biologi yakni pada kemampuan menciptakan alat sederhana untuk kelancaran pembelajaran dan kemampuan menerapkan penelitian pendidikan dalam pembelajaran, dan (3) program atau pelatihan yang diperlukan guru biologi untuk menjadi guru profesional yang mencapai KKNI level tujuh adalah manajemen sekolah, workshop problematika kurikulum dan pembelajaran biologi di sekolah, serta proyek penelitian berbasis permasalahan di sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, guru biologi, KKNI level enam
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:43
Last Modified: 08 May 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11644

Actions (login required)

View Item View Item