Penyusunan Media Berbantuan Komputer untuk Pembelajaran Berbasis Masalah dan Keefektifannya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA pada Materi Pencemaran Lingkungan

Kurniawati, Atik (2013) Penyusunan Media Berbantuan Komputer untuk Pembelajaran Berbasis Masalah dan Keefektifannya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA pada Materi Pencemaran Lingkungan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-atik-kurniawati-11708251025.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengungkapkan: 1) kelayakan media berbantuan komputer untuk pembelajaran berbasis masalah pada materi Pencemaran Lingkungan untuk peserta didik SMA kelas X, dan 2) kefektifan media berbantuan komputer untuk pembelajaran berbasis masalah pada materi Pencemaran Lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Kota Magelang. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan mengacu pada model ADDIE dengan tahapan analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Penilaian produk dilakukan oleh dua orang ahli materi, satu orang ahli media, empat orang pendidik biologi, dan lima orang teman sejawat. Subjek coba pada penelitian ini adalah 59 peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Magelang dengan rincian: 29 peserta didik untuk uji coba terbatas dan 30 peserta didik untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, lembar observasi, dan tes kemampuan berpikir kritis (pretest dan posttest). Data yang diperoleh dari angket dan lembar observasi dianalisis secara deskriptif. Data yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritis dianalisis menggunakan uji beda dua rata-rata Wilcoxcon. Masukan terhadap produk hasil penyusunan digunakan sebagai bahan untuk melakukan revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media berbantuan komputer untuk pembelajaran berbasis masalah pada materi Pencemaran Lingkungan untuk peserta didik SMA kelas X telah disusun sesuai prosedur pengembangan. Ditinjau dari aspek rekayasa perangkat lunak, desain pembelajaran dan komunikasi visual, menurut ahli materi, ahli media, pendidik, teman sejawat, dan peserta didik secara umum masuk dalam kategori “baik”. Media ini efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik ditunjukkan dengan signifikansi sebesar 0,00. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media berbantuan komputer untuk pembelajaran berbasis masalah hasil penyusunan sudah layak digunakan dan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media berbantuan komputer, pembelajaran berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:43
Last Modified: 08 May 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11642

Actions (login required)

View Item View Item