Pengembangan Subject Spesific Pedagogy (SSP) Biologi Domain Kreativitas untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Tanggung jawab serta Prestasi Belajar pada Siswa SMAN 8 Yogyakarta

Kusmawati, Ary (2013) Pengembangan Subject Spesific Pedagogy (SSP) Biologi Domain Kreativitas untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Tanggung jawab serta Prestasi Belajar pada Siswa SMAN 8 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ary-kusmawati-10708251055.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengembangkan SSP biologi berbasis domain kreativitas dalam mengembangkan karakter kreatif dan tanggung jawab pada diri siswa SMAN 8 Yogyakarta (2) Mengetahui kualitas SSP biologi berbasis domain kreativitas untuk meningkatkan karakter kreatif dan tanggung jawab pada siswa SMAN 8 Yogyakarta. (3) Mengetahui SSP biologi berbasis domain kreativitas yang dihasilkan mampu meningkatkan karakter kreatif dan tanggung jawab serta hasil belajar siswa SMAN 8 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) yang terdiri dari 10 langkah dikembangkan oleh Borg & Gall, penelitian yang dilakukan hanya langkah 1 samapi 7 yaitu: studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draf SSP dan validai, uji coba terbatas, evaluasi dan revisi, uji coba lebih luas, evaluasi dan penyempurnaan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 8 Yogyakarta kels XI IPA terdiri dari 15 siswa kelas XI IPA 1 untuk uji coba terbatas, Uji coba lebih luas 60 siswa 30 siswa kelas XI IPA 3 untuk kelas Kontrol, 30 siswa XI IPA 5 kelas treatment. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi SSP, angket, lembar observasi, dan tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Masukan dan saran dan perbaikan terhadap SSP hasil pengembangan pada uji coba terbatas, uji coba luas sebagai digunakan untuk uji coba lapangan atau uji selanjutnya. Hasil penelitian dalam pengembangan perangkat SSP biologi domain kreativitas untuk meningkatkan karakter kreatif dan tanggung jawab pada siswa SMAN 8 Yogyakarta yang terdiri dari pengembangan Silabus, RPP, Materi ajar, LKS, penilaian tes belajar siswa menurut hasil penelitian sudah valid dan layak digunakan karena memiliki kategori sangat baik. Perangkat SSP biologi domain kreativitas untuk meningkatkan karakter kreatif dan tanggung jawab mampu meningkatkan karakter kreatif dan tanggung jawab pada siswa SMAN 8 Yogyakarta dengan katagori sangat baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP, kreativitas, karakter, kreatif, tanggung jawab
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:40
Last Modified: 08 May 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11640

Actions (login required)

View Item View Item