Pengembangan LKPD Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan dan Keefektifannya terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Reflektif Peserta Didik SMA

Firanti, Annisa (2013) Pengembangan LKPD Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan dan Keefektifannya terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Reflektif Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-annisa-firanti-11708251038.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD biologi berbasis masalah pada materi pencemaran lingkungan, yang layak digunakan dalam pembelajaran biologi di SMA N 4 Magelang, (2) mengetahui efektifitas LKPD yang dikembangkan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan reflektif. Penelitian ini merupakan research and development dengan mengadaptasi model pengembangan Borg&Gallmelalui tujuh tahapan, yaitu: (1) penelitian pendahuluan,(2)perencanaan, (3) mengembangkan produk awal, (4) melakukan uji coba kelompok kecil, (5) melakukan revisi terhadap produk utama, (6) melakukan uji coba lapangan, dan (7) revisi produk berdasarkan uji coba lapangan. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 68 peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Magelang (9 orang peserta didik uji coba kelompok kecil dan 59 orang peserta didik uji coba lapangan). Pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi, inventori dan tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) LKPD berbasis masalah yang dikembangan ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, kebahsaan, dan kegrafikan yang di validasi oleh ahli, guru biologi dan teman sejawat menunjukkan bahwa secara keseluruhan dikategorikan baik. (2) LKPD berbasis masalah yang dikembangkan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan reflektif peserta didik hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan hasil kemampuan berpikir kreatif dan reflektif yang diperoleh antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD berbasis masalah, berpikir kreatif dan berpikir reflektif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:39
Last Modified: 08 May 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11639

Actions (login required)

View Item View Item