Pembelajaran Berbasis Science, Environment, Technology, and Society sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas dalam Pemecahan Masalah Pencemaran Lingkungan

Sugiarto, Agung (2013) Pembelajaran Berbasis Science, Environment, Technology, and Society sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas dalam Pemecahan Masalah Pencemaran Lingkungan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agung-sugiarto-11708251014.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui: 1) pengaruh pembelajaran berbasis Science, Environment, Technology and Society (SETS) untuk meningkatkan kreativitas dalam pemecahan masalah pencemaran lingkungan dan mengetahui keefektifan pembelajaran berbasis SETS dibandingkan dengan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) di SMAN 1 Prambanan, Klaten. Penelitian ini digolongkan kedalam penelitian quasi exsperiment dikarenakan penelitian ini tidak sepenuhnya dapat mengontrol variabel-variabel pengganggu yang ada pada kelompok kontrol selama penelitian berlangsung. Rancangan penelitian ini merupakan pretest posttet control group design, dengan kelompok non ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMA N 1 Prambanan, Klaten dengan sampel kelas X yang ditentukan menggunakan cluster random sampling technique. Dari hasil pengundian kelas XC sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XD sebagai kelas kontrol. Jumlah peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 34 orang. Untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas maka data dianalisis menggunakan uji t berpasangan (Paired Sample t Test). Sedangkan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas, data dianalisis menggunakan uji t independen (Independent t Test). Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. 1). Pembelajaran berbasis SETS pada kelas eksperimen dan PBL pada kelas kontrol dapat meningkatkan kreativitas dalam pemecahan masalah pencemaran lingkungan. 2). Pembelajaran berbasis SETS pada kelas eksperimen lebih efektif meningkatkan kreativitas dalam pemecahan masalah pencemaran lingkungan, dibanding dengan PBL pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SETS, PBL, kreativitas
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:36
Last Modified: 08 May 2019 15:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11635

Actions (login required)

View Item View Item