Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Siswa SMP Kelas VIII Semester 2

Rahmawati, Uki (2013) Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Siswa SMP Kelas VIII Semester 2. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tessis-uki-rahmawati-11709251040.pdf

Download (41MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran matematika berbasis masalah yang disertakan dengan langkah – langkah pemecahan masalah matematis yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini mengembangkan model pembelajaran matematika berbasis masalah beserta perangkat pendukung pembelajaran untuk siswa SMP kelas VIII semester 2. Model Pembelajaran terdiri atas sintak, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak indtruksional dan pengiring. Perangkat pendukung pembelajaran terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS) dan tes hasil belajar (THB). Pengembangan model pembelajaran dimulai dari (a) tahap studi pendahuluan, (b) tahap prototiping yang mencakup tahap desain, tahap evaluasi dan revisi, dan (c) tahap penilaian yang mencakup tahap ujicoba untuk menentukan penilaian kepraktisan dan keefektifan model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan. Aspek kualitas produk pengembangan mengacu pada kualitas produk pengembangan menurut Nieveen yang terdiri dari 3 aspek, yaitu valid, praktis, dan efektif. Subjek uji coba penelitian terdiri atas 33 siswa dan seorang guru SMP Negeri 15 Yogyakarta. Instrumen pada penelitian ini terdiri atas; (1) instrumen kevalidan yang terdiri atas lembar penilaian kevalidan Komponen Model Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dan Perangkat Pendukung Pembelajaran; (2) instrumen kepraktisan yang terdiri atas lembar penilaian kepraktisan dari guru dan dari siswa; dan (3) instrumen keefektifan yang terdiri atas tes hasil belajar, dan angket apresiasi siswa terhadap pembelajaran matematika berbasis masalah. Hasil validasi menunjukkan model pembelajaran yang mencakup sintak, sistem sosial, prinsip reaksi, dan dampak instruksional dan pengiring layak digunakan dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba menunjukkan tingkat kepraktisan dari penilaian guru pada seluruh pertemuan secara rata-rata memenuhi kriteria sangat praktis. Selain itu tingkat kepraktisan berdasarkan penilaian siswa juga ditunjukkan bahwa model pembelajaran matematika berbasis masalah telah memenuhi kriteria sangat praktis. Keefektifan model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan hasil THB telah memenuhi kriteria efektif dengan persentase ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 76% dan berdasarkan angket apresiasi siswa telah memenuhi kriteria efektif. Selanjutnya, berdasarkan uji koefisien korelasi pada taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara apresiasi siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah dengan hasil belajar siswa. Kata kunci: pengembangan, model pembelajaran, pembelajaran matematika berbasis masalah

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model pembelajaran, pembelajaran matematika berbasis masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:34
Last Modified: 08 May 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11632

Actions (login required)

View Item View Item