Keefektifan Pendekatan CTL Berbantuan Alat Peraga dan Pendekatan Problem Solving Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematikadan Religiusitas Siswa

Wijayanti, Tri (2013) Keefektifan Pendekatan CTL Berbantuan Alat Peraga dan Pendekatan Problem Solving Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematikadan Religiusitas Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tri-wijayanti-11709251048.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifanpendekatan CTLberbantuan alatperaga, problem solving,danpembelajarankonvensional masing-masing ditinjau dari prestasi belajar matematikadan religiusitas siswa, (2) mendeskripsikan adanya pengaruh gabungan (interaksi) jenis sekolah dan pendekatan pembelajaran terhadap prestasi belajar dan religiusitas siswa, (3) menentukan jenis pendekatan tertentu tepat untuk jenis sekolah tertentu ditinjau dari prestasi belajar matematikadan religiusitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Populasi penelitian mencakup siswa kelas VII SMP N 1 Seyegandan SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta sebagai sekolah berbasis pesantren. Sampel diambil tiga kelas secara acak yaitu dua kelas eksperimen (CTL dan problem solving) dan satu kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes dan instrumen non tes. Instrumen tes menggunakan tes prestasi belajar dan instrumen non tes menggunakan angket religiusitas. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan konstruk. Estimasi reliabiltas menggunakan alpha Cronbach. Pengujian keefektifan pendekatan CTL, problem solving, dan pembelajarankonvensional pada masing-masing variabel prestasi belajar dan religiusitas menggunakan statistik uji ¬paired-sample t-test pada taraf signifikansi 5%, kemudian untuk mengetahui interaksi antara jenis pendekatan dan jenis sekolah, data dianalisis menggunakan MANCOVA dengan dua variabel dependen dan dua kovariat pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendekatan CTL berbantuan alat peraga, problem solving, dan pembelajarankonvensional masing-masing efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika dan religiusitas siswa,(2) ada pengaruh gabungan (interaksi) sekolah dan pendekatan pembelajaran terhadap prestasi belajar matematikadan religiusitas siswa,(3) pendekatan CTL tepat diterapkan di sekolah manapun baik sekolah negeri maupun pesantren, pendekatan problem solving tepat diterapkan di sekolah manapun baik sekolah negeri maupun pesantren, serta pembelajaran konvensional tepat diterapkan di sekolah pesantren ditinjau dari prestasi belajar matematika. Namun, dari ketiga pendekatan yang paling baik diterapkan adalah pendekatan CTL, dan (4) pendekatan CTL tepat diterapkan di sekolah manapun baik negeri maupun pesantrenditinjau dari religiusitas siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CTL, problem solving, konvensional, prestasi belajar matematika, religiusitas
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:32
Last Modified: 08 May 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11631

Actions (login required)

View Item View Item