Pengembangan Perangkat Pembelajaran PadaMateri Pokok Kalkulus SMA Kelas XI Semester 2

Sumarno, Sumarno (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran PadaMateri Pokok Kalkulus SMA Kelas XI Semester 2. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sumarno-11709251028.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kalkulus SMA kelas XI semester 2 dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TAI yang layak digunakan dalam proses pembelajaran, serta mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut. berdasarkan pada kriteria dari Nieveen, yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Tahap-tahap yang dilakukan meliputi tahap pendefinisian, tahap perancangan dan tahap pengembangan. Pengembangan perangkat dimulai dari tahap analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, desain produk. Uji coba dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu (1) uji coba/validasi ahli dan praktisi; (2) uji coba terbatas; dan (3) uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilaksanakan di SMA N 1 Kasihan pada dua kelas berbeda dengan guru yang sama. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri lembar validasi untuk memperoleh data mengenai kevalidan produk yang dikembangkan, lembar observasi digunakan sebagai alat untuk memperoleh data mengenai kepraktisan produk yang dihasilkan dan lembar penilaian guru dan siswa untuk memperoleh data mengenai kepraktisan produk berdasarkan penilaian guru dan siswa, dan tes hasil belajar untuk memperoleh data keefektifan.Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima. Analisis kevalidan yaitu dilakukan dengan menganalisis hasil validasi ahli dan praktisi, analisis kepraktisan yaitu dilakukan dengan menganalisis hasil observasi dan hasil penilaian oleh guru dan siswa. Analisis data keefektifan dilakukan dengan cara menentukan persentase ketuntasan belajar siswa dari nilai ulangan harian. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran kalkulus SMA yang terdiri atas silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS), dan tes hasil belajar (THB) yang berkualitas dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Masing-masing komponen perangkat pembelajaran tersebut memenuhi kriteria sangat valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, pembelajaran kooperatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:30
Last Modified: 08 May 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11629

Actions (login required)

View Item View Item