Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika untuk Siswa SMK Kelas XI Semester Ganjil Jurusan Akuntansi di Sleman dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual

Suhartini, Suhartini (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika untuk Siswa SMK Kelas XI Semester Ganjil Jurusan Akuntansi di Sleman dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suhartini-10709251028.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkatpembelajaran matematika SMK kelas XI jurusan akuntansi dengan pendekatan pembelajaran kontekstual yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah research&development (R&D). Penelitian mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model Borg & Gall. Tahap-tahap yang dilalui sampai diperoleh perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif adalah studi pendahuluan, desain produk, uji ahli, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Subjek uji coba penelitian ini terdiri atas delapan siswa pada uji coba terbatas, 16 siswa pada uji coba lapangan dan dua guru kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK 17 Seyegan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS), dan tes hasil belajar (THB) yang valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing RPP, LKS, dan THB valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, pendekatan pembelajaran kontekstual
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:29
Last Modified: 08 May 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11628

Actions (login required)

View Item View Item