Komparasi Keefektifan Pendekatan Open-Ended dan Group Investigation Ditinjau dari Keterampilan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis serta Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP pada Kompetensi Dasar Bangun Ruang Sisi Datar

Subekti, Sri (2013) Komparasi Keefektifan Pendekatan Open-Ended dan Group Investigation Ditinjau dari Keterampilan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis serta Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP pada Kompetensi Dasar Bangun Ruang Sisi Datar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-subekti-11709251021.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) keefektifan pendekatan pembelajaran open–ended dan group investigation dan 2) perbedaan keefektifan pendekatan open-ended dengan pendekatan group investigation, ditinjau dari keterampilan komunikasi matematika, kemampuan pemecahan masalah matematika, dan motivasi belajar matematika siswa pada kompetensi dasar bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest with nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Galur, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta tahun pelajaran 2012/2013. Sampel sebanyak dua kelas ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelompok eksperimen pertama diberi perlakuan menggunakan pendekatan open ended dan kelompok eksperimen kedua diberi perlakuan dengan pendekatan group investigation.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang keterampilan komunikasi matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Non tes yaitu dengan angket untuk mengumpulkan data tentang motivasi belajar metematika siswa. Teknik analisa data yang digunakan adalah one sample t-test dengan taraf signifikansi 5% untuk keefektifan, uji multivariat (MANOVA) menggunakan Hotteling t’s Trace dengan taraf signifikansi 5%, dan analisis lanjut menggunakan uji t univariat dengan kriteria Bonferroni untuk uji perbedaan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pendekatan open- ended efektif ditinjau dari keterampilan komunikasi matematika dan kemampuan pemecahan masalah, sedangkan group investigation efektif ditinjau dari keterampilan komunikasi matematika, kemampuan pemecahan masalah, dan motivasi belajar matematika siswa pada kompetensi dasar bangun ruang sisi datar; 2) pendekatan open- ended lebih efektif dibanding pendekatan group investigation ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah pada kompetensi dasar bangun ruang sisi datar; 3) pendekatan group investigation lebih efektif dibanding pendekatan open- ended ditinjau dari keterampilan komunikasi matematika dan motivasi belajar matematika siswa pada kompetensi dasar bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: open-ended, group investigation, komunikasi matematis, pemecahan masalah, motivasi belajar matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:28
Last Modified: 08 May 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11627

Actions (login required)

View Item View Item