PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMK NEGERI 1 PANDAK

Fuat, Hermawan (2014) PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMK NEGERI 1 PANDAK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia - Inggris.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan data dan informasi menggunakan website merupakan cara yang tepat untuk mengatur dan menyebarkan informasi kegiatan ekstrakurikuler. Sistem Informasi Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Pandak dikembangkan untuk mempermudah pengelolaan data dan penyebaran informasi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui cara dan langkah pengembangan sistem informasi kegiatan ekstrakurikuler dan 2) mengetahui kualitas perangkat lunak yang dikembangkan menggunakan standar kualitas ISO-9126. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dan dengan model pengembangan Waterfall, yaitu 1) Analisis Kebutuhan; 2) Desain; 3) Implementasi; dan 4) Pengujian. Pengujian yang dilakukan menggunakan standar pengujian ISO-9126 yang tersiri dari 1) Functionality; 2) Reliability; 3) Usability; 4) Efficiency; 5) Maintainabillity; dan 6) Portability. Pengujian aspek Functionality dilakukan kepada tiga ahli pemrograman menggunakan test case dan alat ukur security yaitu Acunetix Web Vulnerability Scanner. Pengujian aspek Reliability menggunakan alat ukur WAPT dan alat ukur loadtest. Pengujian aspek Efficiency menggunakan alat ukur YSlow dan alat ukur Page Speed. Pengujian aspek Usability menggunakan USE Questionaire yang dikembangkan oleh Arnold Lund dengan 30 responden. Pengujian aspek Maintainability menghitung nilai MI (maintainability index) dengan bantuan alat Source Code SearchEngine. Sedangkan pengujian aspek portability menggunakan alat ukur Browser Stack. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Sistem Informasi Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Pandak Bantul dikembangkan dengan menggunakan framework Codeigniter dan CSS bootstrap serta mengacu pada model pengembangan Waterfall. Sistem ini memiliki fungsi untuk: manajamen admin, manajemen guru dan manajemen siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler; dan 2) Hasil pengujian perangkat lunak yang dikembangkan memperoleh hasil nilai functionality sebesar 1 (Baik), pengujian reliability memperoleh hasil 1 atau 100% (Baik), pengujian aspek usability memperoleh konsistensi alpha cronbach sebesar 0.947 (Tinggi) dan persentase 82.74% (Baik), pengujian efficiency memperoleh hasil sebesar 96.3% dengan Yslow dan 92.4% dengan Page Speed (Grade A) dan waktu responnya memperoleh hasil 7.538 (Diterima). Pengujian aspek maintainability memperoleh hasil nilai maintainability index (MI) sebesar 68.586 (Baik), dan pengujian aspek portability memperoleh hasil bahwa perangkat yang dikembangkan dapat berjalan di 3 browser desktop yang populer dengan 7 versi berbeda, serta 5 browser mobile (Memenuhi). Kata kunci: Kualitas Perangkat lunak, Sistem Informasi Kegiatan Ekstrakurikuler, ISO 9126

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 21 Nov 2014 04:35
Last Modified: 29 Jan 2019 18:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11622

Actions (login required)

View Item View Item