Keefektifan Pembelajaran denganSumber Belajar Interaktif Berbasis Komputer Ditinjau dari Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMK

Satriawan, satriawan (2013) Keefektifan Pembelajaran denganSumber Belajar Interaktif Berbasis Komputer Ditinjau dari Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMK. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-satriawan.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan: 1) keefektifan pembelajaran dengan sumber belajar interaktif berbasis komputer (SBIBK) dan pembelajaran dengan buku sekolah elektronik (BSE) dan 2) apakah pembelajaran dengan SBIBKlebih efektif daripadapembelajaran dengan BSE ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Alas Kab. Sumbawa - NTB yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel sejumlah dua kelas ditentukan secara acak, yaitukelas XI Multimedia (MM) yang belajar dengan SBIBK dan kelas XI Tekhnik Komputer Jaringan (TKJ) yang belajar dengan BSE. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angketmotivasi belajar matematika dantes prestasi belajar matematika. Untuk menguji keefektifan pembelajaran dengan SBIBK dan pembelajaran dengan BSE digunakan one sample t testpada taraf signifikansi 5% dan untuk mengetahui perbedaan keefektifan pembelajaran dengan SBIBK dan pembelajaran dengan BSE digunakan uji Hotelling Trace (T2) pada taraf signifikansi 5%, kemudian dilanjutkan dengan uji independent samples t test dengan kriteria bonferonipada taraf signifikansi 5% untuk mengetahui pembelajaran dengan sumber belajar manakah yang lebih efektif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) pembelajaran dengan SBIBK efektif ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika, yang ditunjukkan oleh nilaithitung (Skor Motivasi) = 7,071> ttabel (0,05;31)= 2,040 dan thitung (Skor Prestasi) = 33,862> ttabel (0,05;31) = 2,040; 2) pembelajaran dengan BSE efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika, namun tidak efektif ditinjau dari motivasi belajar matematika yang ditunjukkan oleh nilaithitung (Skor Motivasi) = 1,223< ttabel(0,05;28) = 2,048 dan thitung (Skor Prestasi) = 2,171 > ttabel (0,05;28) = 2,048; 3) ada perbedaan keefektifanpembelajaran dengan SBIBK dan pembelajaran dengan BSEyang ditunjukkan oleh nilai Fhitung = 11,467 ≥ Ftabel (0.05; 2; 58) = 3,156atau nilai probabilitas 0,000. Pembelajarandengan sumber belajar interaktif berbasis komputer lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan buku sekolah elektronik, yang ditunjukkan oleh nilai thitung (Skor Motivasi) = 3,885 > ttabel(0,025;59) = 2,300 dan thitung (Skor Prestasi) = 2,333 > ttabel(0,025;59) = 2,300,

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:27
Last Modified: 08 May 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11619

Actions (login required)

View Item View Item