Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Yogyakarta

Wibowo, Rakhmat (2013) Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rakhmat-wibowo-09709251013.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) tingkat pemahaman guru matematika SMP tentang KTSP; 2) pelaksanaan KTSP mata pelajaran matematika SMP di Kota Yogyakarta, yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi formatif yang dikembangkan oleh Scriven. Populasi dalam penelitian ini adalah guru matematika SMP di Kota Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah 24, yaitu 14 guru matematika SMP negeri di Kota Yogyakarta dan 10 guru matematika SMP swasta di Kota Yogyakarta yang ditentukan dengan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes, angket, panduan observasi, panduan wawancara dan dokumen. Instrumen tes digunakan untuk mengukur pemahaman KTSP guru matematika SMP. Instrumen angket digunakan untuk mengukur perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran guru matematika SMP. Observasi dilakukan untuk mengecek kesesuaian antara silabus dan RPP dengan pelaksanaan kegiatan pembelajarannya. Wawancara dan dokumentasi digunakan untuk memperdalam informasi, sehingga data yang diperoleh akurat dan dapat dipercaya. Validasi instrumen yang digunakan adalah validitas isi. Teknik triangulasi digunakan untuk menganalisis data yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemahaman guru matematika SMP di Kota Yogyakarta tentang KTSP dalam kategori cukup baik; 2) perencanaan pembelajaran berada pada kategori baik; 3) pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas berada pada kategori baik; dan 4) hasil penilaian pembelajaran berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pemahaman KTSP, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:26
Last Modified: 08 May 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11617

Actions (login required)

View Item View Item