Keefektifan Pembelajaran Geometri Berbantuan Cabri dan Geogebra Ditinjau dari Prestasi Belajar, Berpikir Kreatif, dan Self-Efficacy Siswa SMP Tahun Ajaran 2012/2013

Saputra, Paulus Roy (2013) Keefektifan Pembelajaran Geometri Berbantuan Cabri dan Geogebra Ditinjau dari Prestasi Belajar, Berpikir Kreatif, dan Self-Efficacy Siswa SMP Tahun Ajaran 2012/2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-paulus-roy-saputra-11709251044.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan keefektifan pembelajaran geometri berbantuan cabri dan pembelajaran geometri berbantuan geogebra ditinjau dari prestasi belajar, berpikir kreatif, dan self-efficacy siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non-equivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen tanpa kelompok kontrol. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIISMP Santa Maria Banjarmasin. Sampel dua kelas, yaitu kelas VIIA dan kelas VIIBditentukan secara acak. Kelas VIIA menggunakan pembelajaran geometri berbantuan cabri dan kelas VIIB menggunakan pembelajaran geometri berbantuan geogebra. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar, tes berpikir kreatif, dan nontes berupa angket self-efficacy siswa. Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran geometri berbantuan cabri dan geogebra ditinjau dari prestasi belajar, berpikir kreatif, dan self-efficacy siswa data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t testpada taraf signifikansi 5%. Perbedaan kemampuan awal dan perbedaan keefektifan diukur menggunakan two group MANOVA dengan kriteria T2 Hottellingpada taraf signifikansi 5%. Selanjutnya untuk mengetahui perbandingan keefektifan pembelajaran geometri berbantuan geogebra dan pembelajaran geometri berbantuan cabri ditinjau dari prestasi belajar, berpikir kreatif, dan self-efficacy siswa, data dianalisis secara univariat dengan independent t test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditinjau dari prestasi belajar, berpikir kreatif, dan self-efficacy siswa: (1) pembelajaran geometri berbantuan cabri efektif, (2) pembelajaran geometri berbantuan geogebra efektif, (3) terdapat perbedaan pembelajaran geometri berbantuan geogebra dan cabri, (4) pembelajaran geometri berbantuan geogebra lebih efektif dari pembelajaran geometri berbantuan cabri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: cabri, geogebra, prestasi belajar, berpikir kreatif, dan self-efficacy siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:23
Last Modified: 08 May 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11616

Actions (login required)

View Item View Item