Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Model-Eliciting Activities (MEAs) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi Matematis, dan Kepercayaan Diri Siswa

Wijayanti, Palupi Sri (2013) Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Model-Eliciting Activities (MEAs) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi Matematis, dan Kepercayaan Diri Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-palupi-sri-wijayanti-11709251045.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1)pengaruh sekolah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, komunikasi matematis, dan kepercayaan diri siswa. 2) pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, komunikasi matematis, dan kepercayaan diri siswa. 3) pengaruh interaksi sekolah dan pendekatan pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, komunikasi matematis, dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experimentdengan desain nonequivalent (pretest and posttest) group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sanden dan SMP IP Al Mubtadi-ien. Sampel yang diambil dari masing-masing sekolah adalah dua kelas yang ditunjuk sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa, dan angket untuk mengukur kepercayaan diri siswa. Untuk menyelidiki pengaruh pendekatan terhadapkemampuan pemecahan masalah dan kepercayaan diri, data dianalisis dengan uji Manova dua jalur (two waysmultivariate of covariance analysis). Sebelum uji manova dilakukan, uji asumsi harus dipenuhi terlebih dahulu. Uji asumsi yang dilakukan adalah uji normalitas multivariat dan homogenitas matriks varians kovarians. Uji asumsi normalitas dilakukan menggunakan jarak Mahalanobis dan uji homogenitas matriks varians kovarians menggunakan Box’s M test. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1) Sekolah tidak mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis, dan kepercayaan diri siswa. 2) Pendekatan pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis, dan kepercayaan diri siswa. 3) Interaksi sekolah dan pendekatan Pembelajaran tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis, dan kepercayaan diri siswa. 4) Pendekatan pembelajaran dengan MEAs lebih unggul dibandingkan dengan pendekatan tradisional ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model-eliciting Activities, MEAs, pemecahan masalah, kepercayaan diri
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:22
Last Modified: 08 May 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11615

Actions (login required)

View Item View Item