Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Setting Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis, Kepercayaan Diri, dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP

Agustyaningrum, Nina (2013) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Setting Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis, Kepercayaan Diri, dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nina-agustyaningrum-11709251012.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan setting kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap kemampuan komunikasi matematis, kepercayaan diri, dan prestasi belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang populasinya mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sleman yang terdiri dari enam kelas. Dari enam kelas tersebut, kelas VIII A dan VIII B dipilih secara acak sebagai sampel. Kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen diberikan pendekatan CTL dengan setting kooperatif tipe kancing gemerincing dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol diberikan pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes kemampuan komunikasi matematis, angket kepercayaan diri, dan tes prestasi belajar matematika yang koefisien reliabilitasnya berturut-turut adalah 0,58, 0,86, dan 0,37. Data dianalisis menggunakan uji statistik Multivariate Analysis of Variance (Manova) dan uji t satu pihak. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan CTL dengan setting kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap kemampuan komunikasi matematis, kepercayaan diri, dan prestasi belajar matematika pada siswa SMP Negeri 3 Sleman. Berdasarkan analisis yang dilakukan, pembelajaran matematika menggunakan pendekatan CTL dengan setting kooperatif tipe kancing gemerincing lebih unggul daripada pendekatan konvensional dalam hal kemampuan komunikasi matematis, kepercayaan diri, dan prestasi belajar matematika pada siswa SMP Negeri 3 Sleman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: contextual teaching and learning, kancing gemerincing (talking chips), komunikasi matematis, percaya diri, dan prestasi belajar matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:16
Last Modified: 27 May 2016 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11614

Actions (login required)

View Item View Item