Pengembangan Modul Matematika SMK Bidang Seni, Kerajinan, dan Pariwisata Berbasis Open-Ended Problem sebagai Implementasi KTSP

Rhosyida, Nelly (2013) Pengembangan Modul Matematika SMK Bidang Seni, Kerajinan, dan Pariwisata Berbasis Open-Ended Problem sebagai Implementasi KTSP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nelly-rhosyida-11709251016.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul matematika SMK bidang seni, kerajinan, dan pariwisata berbasis open-ended problem sebagai sumber belajar yang layak. Kriteria kualitas yang digunakan mengacu pada kriteria Nieveen, yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model four-D Thiagarajan yang telah dimodifikasi, yang melalui tiga tahap yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Tahap pendefinisian meliputi analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap perancangan meliputi penyusunan instrumen, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal modul. Tahap pengembangan meliputi validasi ahli dan ujicoba lapangan. Tahap ujicoba lapangan terdiri dari tahap ujicoba 1 dan ujicoba 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi modul, lembar penilaian guru terhadap kepraktisan modul, lembar penilaian siswa terhadap keterbacaan modul, lembar penilaian siswa terhadap kepraktisan modul, dan tes hasil belajar. Data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan berupa penilaian terhadap modul dianalisis dengan mengkonversi skor menjadi data kualitatif skala lima sedangkan data keefektifan berupa tes hasil belajar dianalisis dengan persentase ketuntasan belajar dan peningkatan hasil belajar yang dianalisis dengan N-gain ternormalisasi. Penelitian ini menghasilknmodul matematika SMK bidang seni, kerajinan, dan pariwisata berbasis open-ended problem yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Tingkat kevalidan ditunjukkan dengan penilaian dua ahli pembelajaran matematika yang menyatakan bahwa modul yang dihasilkan valid. Tingkat kepraktisan ditunjukkan dengan(a) hasil penilaian modul dari guru yang menyatakan modul praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika, (b) seluruh siswa menilai keterbacaan modul pada kategori baik dan sangat baik, dan (c) 96,87% siswa menilai kepraktisan modul pada kategori minimal baik. Tingkat keefektifan ditunjukkan dengan (a) 90,62% siswa mencapai KKM yaitu 75; (b) 90,62% siswa menunjukkan peningkatan prestasi belajar pada kategori sedang dan tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa modul matematika SMK yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar matematika SMK.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, matematika, SMK, modul, open-ended problem
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:15
Last Modified: 08 May 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11613

Actions (login required)

View Item View Item