Hubungan antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal, dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP

Daniyati, Nadzifah Ajeng (2013) Hubungan antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal, dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nadzifah-ajeng-daniyati-11709251039.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan hubungan kemampuan verbal, kemampuan interpersonal, dan minat belajar dengan prestasi belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Purworejo. Sampel yang berasal dari sembilan sekolah di tiga daerah ditentukan dengan cluster random samplingtechnique.Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Angket yang diberikan menggunakan skala Likert. Pengukuran validitas instrumen menggunakan validitas konstruk sedangkan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi analisis regresi linier ganda (uji normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, autokorelasi, dan linearitas), regresi linier ganda dengan tiga varibel bebas, dan analisis korelasi parsial. Dari hasil penelitian yang diperoleh secara deskriptif, data diinterpretasikan dalam lima kriteria, yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil analisis menunjukkan kemampuan verbal, kemampuan interpersonal, dan minat belajar matematika secara bersama-sama berhubungan dengan prestasi belajar matematika siswa SMP, dimana kontribusi yang diberikan sebesar 38,60% serta persamaan regresi yang diperoleh ialahY = -1,385+ 0,635X1 + 0,039X2 + 0,085X3. Hubungan antara kemampuan verbal dan prestasi belajar matematika dengan kontribusi sebesar 23,62%; hubungan antara kemampuan interpersonal dan prestasi belajar matematika dengan kontribusi sebesar 1,64% dan hubungan antara minat belajar matematika dan prestasi belajar matematika dengan kontribusi sebesar 6,15%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan verbal, kemampuan interpersonal, minat belajar matematika, dan prestasi belajar matematika siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:15
Last Modified: 08 May 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11612

Actions (login required)

View Item View Item