Keefektifan Problem-Based LearningdanInquiry-Based Learning Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Belajar Matematika Siswa

Farhan, Muhamad (2013) Keefektifan Problem-Based LearningdanInquiry-Based Learning Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-farhan-11709251034.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan problem-basedlearning dan inquiry-based learningditinjau dari prestasi belajar,kemampuan representasi matematis, dan motivasibelajarsiswa, (2) keefektifan problem-basedlearning daninquiry-based learning dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar,kemampuan representasi matematis, dan motivasibelajarsiswa dan, (3) pembelajaran yang lebih efektif antara problem-basedlearningdaninquiry-based learningditinjau dari prestasi belajar,kemampuan representasi matematis, dan motivasibelajarsiswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest-posttestnonequivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs sekecamatan Rasana’e Barat Kota Bima dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Sartu Atap rasana’e Barat Kota Bima. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar, tes kemampuan representasi matematika dan angket motivasi belajar siswa. Untuk mengetahui keefektifan problem-basedlearning dan inquiry-based learningditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasibelajar siswa, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Perbedaan rata-rata kelompok diukur dengan uji three-group MANOVA dengan kriteria Wilks lambda pada taraf signifikansi 5%. Selanjutnya untuk mengetahui keefektifan antara problem-basedlearningdan pembelajaran konvensional, inquiry-basedlearning dan pembelajaran konvensional,serta problem-basedlearningdaninquiry-based learningditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematika dan motivasi belajar siswa, data dianalisis secara univariat menggunakan uji-t bonferoni pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) problem-based learning dan inquiry-based learning efektifditinjau dari prestasi belajar,kemampuan representasi matematis, dan motivasibelajarsiswa, (sedangkan pembelajaran konvensional efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa), (2) problem-based learning dan inquiry-based learninglebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensionalditinjau dari prestasi belajar,kemampuan representasi matematis, dan motivasibelajarsiswa,dan (3) problem-based learning lebih efektif dibandingkan dengan inquiry-based learningditinjau dari prestasi belajar,kemampuan representasi matematis, dan motivasibelajarsiswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem-based learning, inquiry-based learning, prestasi belajar, kemampuan representasi matematika, motivasi belajar siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:15
Last Modified: 08 May 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11608

Actions (login required)

View Item View Item