Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dan Pembelajaran Matematika Realistik dengan Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Motivasi, Sikap, dan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Geometri Kelas VII Siswa SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta

Amri, Mohammad saeful (2013) Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dan Pembelajaran Matematika Realistik dengan Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Motivasi, Sikap, dan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Geometri Kelas VII Siswa SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-saeful-amri-10709251019.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran matematika realistik dengan metode kooperatif tipe TGT ditinjau dari motivasi, sikap, dan kemampuan pemecahan masalah; 2) apakah terdapat perbedaan pengaruh antara pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran matematika reliastik dengan metode kooperatif tipe TGT ditinjau dari motivasi, sikap, dan kemampuan pemecahan masalah; dan 3) apakah pengaruh pembelajaran matematika realistik dengan metode kooperatif tipe TGT lebih baik dari pada pembelajaran matematika realistik terhadap motivasi, sikap, dan kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok Geometri pada siswa kelas VII SMP Budi Mulia Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-postest non–equivalent group design. Populasi penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas VII SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta yang terdiri dari tiga kelas. Kemudian diambil dua kelas secara acak untuk ditentukan sebagai sampel. Kelas yang diperoleh adalah kelas VII Halmahera dan kelas VII Sumbawa. Kelas VII Halmahera diberi perlakuan berupa pembelajaran matematikaa realistik sedangkan VII Sumbawa diberi perlakuan berupa pembelajaran matematika realistik dengan metode kooperatif tipe TGT. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi belajar, angket sikap, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Pengukuran validasi instrumen menggunakan validasi isi dan validasi konstruk, sedangkan pengukuran reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran matematika realistik dengan metode kooperatif tipe TGT pada masing-masing variabel, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji t-test one sample pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan pengaruh dari keduanya maka data dianalisis secara multivariat dengan statistik uji two group manova pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran metematika realistik dengan metode kooperatif tipe TGT efektif ditinjau dari motivasi, sikap dan kemampuan pemecahan masalah matematika; 2) pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran metematika realistik dengan metode belajar kooperatif tipe TGT memiliki pengaruh yang sama terhadap motivasi, sikap dan kemampuan pemecahan masalah matematika; dan 3) pembelajaran matematika realistik dengan metode kooperatif tipe TGT tidak lebih baik dari pada pembelajaran matematika realistik ditinjau dari motivasi, sikap, dan kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok Geometri pada siswa kelas VII SMP Budi Mulia Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika realistik, metode belajar kooperatif tipe TGT, motivasi, sikap, dan kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:15
Last Modified: 27 May 2016 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11607

Actions (login required)

View Item View Item