Marlina, Mira (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMP dengan Strategi Pembelajaran Kolaboratif. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-mira-marlina-11709251020.swf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran geometri SMP dengan pembelajaran kolaboratif yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan diadaptasi dari model pengembangan Dick & Carey. Tahap-tahap pengembangan perangkat pembelajaran meliputi: 1) analisis kebutuhan dan perumusan tujuan, 2) rancangan/pengembangan produk, 3) uji coba, 4) revisi dan 5) kajian produk akhir. Uji coba yang dilakukan meliputi ujicoba ahli/validasi ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilakukan di kelas VIII di SMP N 1 Bojonegara. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kevalidan adalah lembar validasi, untuk mengukur kepraktisan adalah lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan untuk mengukur kefektifan adalah tes hasil belajar, angket komunikasi interpersonal, dan lembar penilaian aktivitas kolaboratif siswa. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran geometri yang meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS), dan tes hasil belajar (THB). Produk berupa perangkat pembelajaran yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kevalidan produk ditunjukkan dari hasil validasi ahli yang menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid. Kepraktisan produk terlihat dari hasil penilaian guru yang menunjukkan bahwa produk memenuhi kriteria sangat baik, penilaian siswa menunjukkan produk mencapai kriteria baik dan sangat baik, dan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran telah memenuhi kriteria baik sebesar 89,4%. Kefektifan produk dilihat dari minimal 75% siswa telah mencapai nilai ketuntasan minimal 75 (82,4%), hasil angket komunikasi interpersonal siswa mencapai kriteria minimal baik 82,3%), dan hasil penilaian aktivitas kolaborasi mencapai kriteria minimal baik (76,5%).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, perangkat pembelajaran, pembelajaran kolaboratif, geometri. |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 10 Dec 2014 04:15 |
Last Modified: | 08 May 2019 15:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |