Keefektifan Pembelajaran dengan Pendekatan CTL dan PBL Ditinjau dari Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Keruak, Kabupaten Lombok Timur NTB

Laili, Husnul (2013) Keefektifan Pembelajaran dengan Pendekatan CTL dan PBL Ditinjau dari Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Keruak, Kabupaten Lombok Timur NTB. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-husnul-laili.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan CTL dan PBL ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika, dan dibandingkan pembelajaran dengan pendekatan CTL dengan PBL ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu,yang menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Keruak. Duakelas ditentuka nsecara acak sebagai sampel dari enam kelas yaitu kelas VII 5 dan kelas VII 6 masing-masing terdiri dari 30 siswa. Kemudian secara acak untuk kelas VII 5 diterapkan pembelajaran dengan pendekatan CTL dan kelas VII6 diterapkan pembelajaran dengan pendekatan PBL. Instrumen penelitian ini adalah tes prestasi belajar matematika dan angket motivasi belajar matematika siswa. Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan pendekatan CTL dan PBL digunakan uji one sample t-testpadat taraf signifikansi 5%. Untuk membandingkan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan CTL dan PBL, data dianalisis secara multivariat menggunakan T2 Hotel ling dengan taraf signifikansi 5% dan dianalisis lanjut menggunakan uji t univariat dengan kriteria Bonferoni. Hasi penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran dengan pendekatan CTL dan PBL efektif ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika; 2) pembelajaran dengan pendekatan PBL lebih efektif dibanding dengan pembelajaran dengan pendekatan CTL ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa tetapipembelajaran dengan pendekatan PBL tidaklebih efektif dibanding dengan pembelajaran dengan pendekatan CTL ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:15
Last Modified: 08 May 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11605

Actions (login required)

View Item View Item