Laili, Husnul (2013) Keefektifan Pembelajaran dengan Pendekatan CTL dan PBL Ditinjau dari Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Keruak, Kabupaten Lombok Timur NTB. S2 thesis, UNY.
|
Text
abstrak-husnul-laili.pdf Download (143kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan CTL dan PBL ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika, dan dibandingkan pembelajaran dengan pendekatan CTL dengan PBL ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu,yang menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Keruak. Duakelas ditentuka nsecara acak sebagai sampel dari enam kelas yaitu kelas VII 5 dan kelas VII 6 masing-masing terdiri dari 30 siswa. Kemudian secara acak untuk kelas VII 5 diterapkan pembelajaran dengan pendekatan CTL dan kelas VII6 diterapkan pembelajaran dengan pendekatan PBL. Instrumen penelitian ini adalah tes prestasi belajar matematika dan angket motivasi belajar matematika siswa. Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan pendekatan CTL dan PBL digunakan uji one sample t-testpadat taraf signifikansi 5%. Untuk membandingkan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan CTL dan PBL, data dianalisis secara multivariat menggunakan T2 Hotel ling dengan taraf signifikansi 5% dan dianalisis lanjut menggunakan uji t univariat dengan kriteria Bonferoni. Hasi penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran dengan pendekatan CTL dan PBL efektif ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika; 2) pembelajaran dengan pendekatan PBL lebih efektif dibanding dengan pembelajaran dengan pendekatan CTL ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa tetapipembelajaran dengan pendekatan PBL tidaklebih efektif dibanding dengan pembelajaran dengan pendekatan CTL ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 10 Dec 2014 04:15 |
Last Modified: | 08 May 2019 15:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |